Dukungan Nutrisi dan Psikis Penting Untuk Kehamilan EXTRAORDINARY

Perjalanan Perjuangan Kehamilan Saya

2010-2015

Kami menikah Desember 2010. Awalnya saya belum ingin hamil dulu, karena masih ingin bekerja, rencananya pertengahan 2011 baru mau hamil.  Tapi manusia hanya bisa berencana kan, tetap saja takdir berkata lain. Hingga 2013 saya belum juga hamil dan akhirnya sukarela berhenti bekerja, saya dan suami menemui dokter kandungan untuk ikut program hamil.  Sayang sekali sampai di penghujung 2015 saya juga belum ditakdirkan hamil. Sedih? tentu saja apalagi adik adik yang menikah setelah saya, satu persatu sudah dikaruniai anak. Belum lagi tiap membaca postingan teman teman yang sedang hamil, di social media seperti facebook. Saya sering merasa hidup ini tidak adil. Banyak wanita yang mudah sekali hamil, tapi kenapa saya tidak?. Apalagi semua hasil lab menyatakan tidak ada yang salah dengan kami. Suami subur, dan saya masih menghasilkan sel telur yang matang dan siap dibuahi tiap bulannya.  Begitulah kalau Allah belum berkehendak mau bagaimana lagi?

2016

Saya berhenti promil, lebih tepatnya menyerah.  Apalagi saat itu kami juga harus menabung untuk rumah baru. Pokoknya yang saya pikirkan saat itu, kalau Allah berkehendak ya pasti hamil, kalau belum ya sudah. Apalagi saya melihat teman teman yang sudah menikah 22 tahun, 19 tahun, 15 tahun walau belum dikaruniahi keturunan mereka tetap bahagia, ya setidaknya itu yang saya lihat.

2017

Saya harus mengurus ibu yang sakit di Palembang dan harus terpisah dengan suami di Jakarta selama 4 bulan sejak Januari hingga April.  Karena hanya saya yang belum punya anak, jadi saya lebih leluasa untuk merawat ibu atau menginap di rumah sakit.  Hampir tiap bertemu orang baru selalu ditanya seperti ini. “Sudah punya anak?”, ada yang kemudian merangkainya dengan doa agar saya segera hamil, ada juga yang malah menurut saya sok tahu, dengan menghakimi “wah kamu terlalu gendut itu, rahim kamu ketutup lemak” dan berbagai macam hal yang menurut saya hoax.  Mungkin dulu di tahun 2013 – 2015 saya akan meladeni orang orang itu. Dengan penjelasan ilmiah dan logis. Tapi sekarang saya jauh lebih sabar, mungkin karena sudah bertambah tua ya. So biarkan saja mereka berkicau.

MeiJuni 2017

Saat bulan puasa, suami membelikan kurma ruthob untuk dikonsumi setiap berbuka dan sahur. Kebetulan saat berpuasa, saya mengurangi makan, yang pasti saya cuma makan nasi 1 kali saat sahur, dan makan buah dan 1 kali cemilan saat berbuka, otomatis berat badan saya turun sekitar 10 kg.

July 2017

Seingat saya dapat flek haid tapi cuma sedikit di tanggal 11 July, cuma saya tidak ngeh sama sekali. Beberapa hari setelah itu saya tetap beraktivitas seperti biasa. Pergi keluar kota naik bis, kemudian ke Karawaci motoran selama 6 jam, begadang masak dari pukul 02.00 malam untuk menjamu teman teman dalam rangka halal bihalal. Yang terakhir adalah mengangkat air se-ember besar, untuk mematikan tabung gas di rumah yang bocor dan mengeluarkan api.  Kalau tidak dimatikan tabung tersebut bisa meledak. Dan semua hal itu ternyata saya lakukan dalam keadaan sedang hamil, tapi saya tidak tahu. Oh My God. Setelah kejadian itu saya sakit dan rasanya seperti masuk angin yang tidak pernah sembuh, pinggang pegal, perut kembung, mual mual dan sakit gigi. Tanggal 19 saya iseng membeli testpack dan susu hamil merk Anmum. Rencananya habis testpack muncul satu garis, saya segera akan berobat ke dokter gigi. Keesokan paginya saya mencoba testpack dan hasilnya sungguh diluar ekspetasi saya. Ada 2 garis yang warnanya sangat jelas. Saya sampai browsing di google apakah benar tanda positif itu dua garis hahaha, efek selama ini selalu negatif. Saya tunjukkan ke suami, dan beliau bilang kita pastikan dulu ke dokter kandungan. Kami pun mengunjungi dokter spesialis kandungan di sore harinya, dan hasil usg menyatakan sudah ada kantung kehamilan dan yolk sac , usia kehamilan diperkirakan 5 minggu. Alhamdulillah kami berdua sujud syukur walaupun tidak bisa dengan gegap gempita merayakannya karena dokter bilang fetus belum terlihat.

2 Minggu Kemudian

Memasuki kehamilan minggu ke 7 mual saya mulai menghilang, karena kami type yang selalu mencari tahu dengan membaca pengalaman orang lain, tentu saja hal ini membuat kekhawatiran. Mengingat bisa terjadinya BO. Namun suami tetap menyuruh positif thingking, apalagi dari hasil usg, fetus sudah terlihat walau baru 0.6cm. Suami bilang kondisi tiap orang itu berbeda, ada yg cepat ada yang lambat.  Salah satu penyebabnya adalah kekurangan asam folat, padahal saya sudah rajin makan tablet asam folat dari dokter, dan susu hamil kalau ingat saja. Suamipun menyarankan saya untuk menambah konsumsi folat dengan minum susu Anmum Materna secara teratur sesuai anjuran yakni 2 gelas sehari.

Dua Rasa ANMUM MATERNA Fave saya
Dua Rasa ANMUM MATERNA Fave saya

Pengalaman Mengikuti Anmum Celebrate The Extraordinary 1 July 2017

Mommy yang hadir di acara #celebratetheextraordinary semua bernuansa lylac
Mommy yang hadir di acara #celebratetheextraordinary semua bernuansa lylac

Celebrate The Extraordinary 

Saya mendapat kesempatan hadir di Hotel Rafless Kuningan dalam rangka acara launching Anmum dengan rasa baru. Yang membuat saya tertarik hadir di acara ini  selain Anmum adalah susu yang sedang saya konsumsi adalah materi tentang pentingnya dukungan psikologi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu selama masa kehamilan dan menyusui, juga ada cerita perjuangan selebmom yang luar biasa selama kehamilan dan menyusui, sharring dari para pejuang asi, serta presentasi mengenai dukungan nutrisi dari susu Anmum untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui.  Sebagai calon ibu baru yang masih buta tentang ini semua. Tentu saja ini jadi sebuah pengalaman berharga untuk saya sendiri.

dr ALI SUNGKAR SpOG (K) saat memaparkan materi tentang nutrisi dan dukungan sosial untuk bumil busui
dr ALI SUNGKAR SpOG (K) saat memaparkan materi tentang nutrisi dan dukungan sosial untuk bumil busui

Dr. dr. Ali Sungkar SpOG (K) menjelaskan, ” Selama kehamilan dan menyusui, para ibu mengalami perubahan dan tantangan baik fisik maupun psikologis.  Mereka membutuhkan dukungan dari lingkungan sosialnya dan nutrisi yang tepat.  Hal tersebut merupakan aspek penting yang akan mempengaruhi kesehatan ibu supaya nantinya dapat merawat anak dan keluarganya, dimana nutrisi untuk bayi harus dipenuhi sejak 1000 hari pertama kehidupan, dimulai dari sejak dalam kandungan, ini menjadi fondasi penting bagi masa depan anak. Karena itu dukungan proaktif dari keluarga untuk ibu hamil dan menyusui sangat diperlukan.”

Lingkungan seluas inilah yang seharusnya memberi dukungan psikis dan nutrisi kepada ibu hamil dan menyusui
Lingkungan seluas inilah yang seharusnya memberi dukungan psikis dan nutrisi kepada ibu hamil dan menyusui

Hal senada disampaikan oleh Surya Saputra suami dari selebmom Chyntia Lamusu yang melahirkan dan menyusui anak kembar. Surya mengatakan bahwa ” Selain dukungan nustrisi, Ibu hamil dan menyusui juga harus dijaga moodnya, perasaannya agar selalu bahagia dan happy, sehingga ibu merasa enjoy saat menjalani kehamilan maupun saat menyusui”

paparazi mode on
paparazi mode on

Berikut beberapa Fakta dan tantangan yang dapat terjadi pada ibu baru maupun ibu berpengalaman

fakta tentang kebutuhan dukunganibu baru dan ibu perpengalaman
fakta tentang kebutuhan dukunganibu baru dan ibu perpengalaman

Perasaan yang saya alami sekarang tepat sekali seperti yang disampaikan oleh Rohini Behi, Marketing Technical Advisor, Fonterra Brands Indonesia ” Menjadi ibu adalah salah satu transisi luar biasa salam kehidupan seorang wanita, Anmum berkomitmen terhadap kesehatan den kesejahteraan para ibu di Indonesia, dan menyadari bahwa menjadi ibu perlu mendapat dukungan penuh dari lingkungan sosial disekitarnya”

Rohini Behi, Perwakilan Fonterra Brand Indonesia
Rohini Behi, Perwakilan Fonterra Brand Indonesia

Bertujuan untuk lebih memahami tantangan yang dialami para ibu selama kehamilan dan bulan pertama menyusui. Fonterra dan Anmum mengadakan Studi yang hasilnya mengungkapkan bahwa terjadi kecenderungan ibu yang tidak didukung dengan pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang kesehatan dan nutrisi, serta dukungan psikologis akan mengalami dampak penurunan kesehatan fisik dan jiwa.

Nah melalui acara kampanye #Anmum #Celebratetheextraordinary yang juga berbarengan dengan pekan asi sedunia. Anmun dan Fonterra ingin merayakan momen kehamilan dan menyusui menjadi momen yang menantang bagi para ibu, hingga dapat menginspirasi dan memberdayakan para ibu beserta keluarganya dengan pengetahuan dan perhatian yang tepat, begitulah penjelasan Rohini Behi.

Bentuk Dukungan Anmum Terhadap Nutrisi dan Psikis Ibu Hamil dan Menyusui

suka sekali pemaparan dari mb Innes lengkap dan menarik
suka sekali pemaparan dari mb Innes lengkap dan menarik

Ines Yumahana Gulardi, MSc, Senior Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia memaparkan bahwa, Anmum sebagai salah satu brand susu bernutrisi untuk ibu hamil dan menyusui, sangat memperhatikan nutrisi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui sehingga, menyempurnakan kebutuhan tersebut dalam Anmum Materna untuk ibu hamil dan Anmum Lakta untuk ibu menyusui.

A. Anmum Materna
Anmum materna dilengkapi dengan Nutrisi makro dan mikro sebagai berikut :
1. Ganglioside berperan untuk membentuk struktur otak, migrasi antar sel otak.

2. DHA berperan untuk pembentukan sistem syaraf pusat.
3. Asam Folat atau vitamin B9 berperan mengurangi resiko anemia megaloblastik dan pre ekslamsia pada ibunya, serta berfungsi sebagai awal pembentukan tabung otak dan sumsum tulang belakang bayi. Juga mengurangi neutral tube deffects (cacat lahir pada otak dan tulang belakang), bibir sumbing, sindrom down, dan kecacatan lahir pada bayi.
4. Vitamin B12  Berfungsi meningkatkan perkembangan otak dan syaraf bayi
5. Vitamin B6 mengurangi rasa mual di saat kehamilan
6. Serat Pangan Inulin dapat membantu mempertahankan fungsi saluran pencernaan
7. Zat Besi merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah
8. Kalsium berperan dalam pembentukan  dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi, vitamin d membantu dalam penyerapan kalsium.
9. Protein membantu dan membangun jaringan tubuh, dan merupakan komponen esential dalam pertumbuhan dan perkembangan anak

 

informasi mengenai gizi dan nutrisi dalam susu anmum bisa dilihat di belakang kemasan susu
informasi mengenai gizi dan nutrisi dalam susu anmum bisa dilihat di belakang kemasan susu

B. Anmum Lacta
Anmum Lakta juga mengandung Nutrisi Makro dan Mikro yang dibutuhkan oleh ibu menyusui, jangan salah loh. Ibu yang selesai melahirkan juga harus diberikan dukungan psikis dan nutrisi yang cukup, agar baby blues dan post partum syndrom dapat ditangani dengan baik. Anmum Lacta membantu memberikan asupan GA ibu disaat menyusui, memberikan energi yang kebutuhannya meningkat, juga berbagai vitamin B. Serta protein, zat besi, serat pangan inulin dan beberapa nutrisi lainnya. Testimoni Chyntia Lamusu dan Maria pejuang asi, nutrisi dan dukungan psikis dari orang orang terdekat, membuat pasokan asi untuk bayi mengalir deras. Namun deras saja tidak cukup. Asi juga harus memiliki nutrisi yang cukup. Dan tentu saja kualitas asi juga ditentukan oleh asupan makanan ibunya.

Chyntia Lamusu dan Maria sharring pengalaman menjadi bumil dan busui
Chyntia Lamusu dan Maria sharring pengalaman menjadi bumil dan busui

C. Informasi dan Pengetahuan Tentang Kehamilan dan Menyusui

Anmum Indonesia juga peduli meningkatkan pengetahuan para ibu baik yang hamil dan menyusui, dengan senantiasa memberikan informasi menarik tepat guna melalui media socialnya.  Kita bisa memanfaatkan informasi dan pengetahuan tersebut dengan mengikuti semua media social anmum.  Bisa melalui Facebook Anmum Indonesia, ataupun dari Instagram anmum_indonesia.

akun social media Anmum Indonesia
akun social media Anmum Indonesia

D.  Rasa Susu Anmum yang Lezat dan Disukai oleh 8/10 Moms

Saya memilih Anmum sebagai susu kehamilan karena nutrisinya lengkap, juga karena rasanya yang lezat. Rupanya bukan saya saja yang bilang enak, ada 10 mom yang hadir saat itu juga berkesempatan mencoba langsung Anmum Rasa Cokelat yang baru.  Ke 10 nya bilang enak, emang sih rasa cokelat yang baru ini lebih mirip rasa es krim coklat.  Apalagi bila diminum dingin. Nah Anmum ga kepedean langsung bilang disukai oleh 8 dari 10 Moms Loh, tapi kesimpulan itu didapatkan dari Survey yang dapat dibuktikan kebenarannya.  Buktinya saya sebagai user susu ini, selain rasa Cokelat yang baru, saya juga suka rasa lama anmum materna Vanilla Mango, Rasa vanilla dengan wangi buah mangga. Pokoknya semua varian anmum saya suka, termasuk juga yang rasa mocha. Yuhuuu mari buktikan sendiri.

Ayo tebak saya yang mana?
Ayo tebak saya yang mana?

Kesimpulan

Ups, kepanjangan ga postingan kali ini, saking excitednya merasakan aneka perubahan yang serba extraordinary atau luar biasa ini.  Disela sela mabok karena hamil muda, saya lancar saja menulis ini. Menurut saya ada beberapa highligt yang dapat ditarik garis besarnya sebagai berikut.

1. 1000 Nutrisi di awal kehidupan merupakan fase terpenting bagi anak, hal ini dimulai dari gizi yang didapat sejak dalam kandungan hingga 720 hari kehidupan pertama.  Hal ini erat kaitannya dengan asupan gizi yang didapat oleh ibu hamil juga kualitas dan kuantitas asi yang dikeluarkan oleh ibu menyusui.

2. Ibu hamil dan menyusui perlu dukungan psikis dan nutrisi agar bisa menjalani kehamilan dan menyusui dengan enjoy dan happy.  Dukungan ini bukan saja didapatkan dari suami, tetapi juga dari lingkungan terdekat, pertemanan, dan lingkungan kerja.

3. Ibu hamil dan menyusui juga harus proaktif mengemukakan kebutuhan dukungan baik nutrisi maupun psikis kepada orang terdekatnya, stress dan galau harus dibagi. Jangan dipendam sendiri

4. Pemberian Susu Anmum sesuai tingkat kebutuhan bisa diberikan sejak ibu merencanakan kehamilan, saat hamil maupun saat menyusui.  Susu ini terbukti mampu memberikan progress nutrisi tambahan yang baik untuk ibu hamil maupun menyusui tanpa menyebabkan peningkatan berat badan secara signifikan

5. Rasa yang lezat dari varian susu terbukti mampu diterima oleh lidah ibu hamil dan menyusui, sehingga menambah mood untuk mau minum susu.

6. Anmum sebagai salah satu produsen nutrition food, memberdayakan dan menginspirasi para ibu dan keluarganya melalui pengetahuan dan perhatian yang tepat, baik aspek dukungan nutrisi dan sosial sepanjang perjalanan sejak masa kehamilan dan menyusui.

7.  Saya janji akan rajin minum susu sesuai aturan dan petunjuk penggunaan, yakni 2 gelas sehari.  Pagi Rasa Cokelat yang baru, dan Sore Rasa Vanila Mango.

Stock susu Anmum Materna aman untuk 2 minggu
Stock susu Anmum Materna aman untuk 2 minggu

Nah begitulah kira kira 2 hal yang ingin saya bagikan, pengalaman perjalanan saya untuk hamil dan pengalaman saya mengikuti acara #CelebrateTheExtraOrdinary #anmum tanggal 1 July kemarin.  Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat ya. Inga inga, anak adalah tanggung jawab bersama, bukan cuma tanggung jawab ibunya.  Keselamatan ibu adalah keselamatan anak juga. Terima kasih sampai bertemu dipostingan berikutnya

Seremonial ini menandai resminya kampanye ANMUM CELEBRATE THE EXTRAORDINARY
Seremonial ini menandai resminya kampanye ANMUM CELEBRATE THE EXTRAORDINARY

69 Comments

  1. Waaa selamat Mbak Fika
    Sehat terus kehamilannya. Aku blm nikah jd blm hamil tp tetep baca2 ttg kehamilan, kadang2 sih. Kalau udah hamil baru aplikasikan ya

    1. Author

      iya betul jiah.. ilmu dulu baru amal.. aku jg gitu.. alhamdulillaj jadinya ga galau banget di medsos hahhahaah

      1. Hhaha, iya Mbak
        Jadi gak heboh sendiri karena sudah tahu mana yang baik buat masa2 kehamian. Tapi tetep kdg butuh pengalaman orang lain

  2. Seminar seminar macam ini bermanfaat banget ya buat kita2 yang pengetahuan parentingnya masih cetek. Sayang kemarin ga bisa dateng, belum berani ninggalin atau bawa si bayi.

    Btw selamat atas kehamilannya ya. Semoga sehat dan lancar saat persalinannya nanti.

    1. Author

      aamiin allahumma aammin, makasih doanys mb.. beruntung banget emang ikut acara ini

  3. Selamat ya Fika,, penantian yang lumayan panjang, jgn terlalu byk aktifitas dl ya say

    1. Author

      aamiin allahumma aammin, makasih ria.. iya aku skrg mengurangu aktivitas dulu

  4. Alhamdulillah…akhirnya penantian yg berbuah manis. Jaga kandungan dan kesehatan diri ya..bawa relax dan happy aja. Walau terkadang mood naik turun. Konsumsi mknan sehat, susu anmum bagus juga tuk pelengkap nutrisi. Hamil anak ke3 susu anmum yg aku minum,beda sewaktu hamil anak 1 dan 2. Gpplah yg pnting kan kandungan nutrisinya. Selamat ya fika..semoga lancar sehat selama kehamilan hingga melahirkan nanti.

    1. Author

      aamiin allahumma aammin, makasih doanya mb hida.. hehehe ternyata anmum user jg ya

  5. Waah bumil pas banget ini, selamat yah.. Semoga bisa menjalani proses kehamilan dengan menyenangkan

    1. Author

      aamiin allahumma aammin, makasih doanya mb lubena

  6. selamat yaa mbak , ingett kurangi aktifitas keluar rumah duluu… sehat selalu yaa mbak… aamiin aamiin aamiin

    1. Author

      aamiin allahumma aammin, makasih doanya endah..

  7. Selamat yaaa. Sama sy juga menanti cukup panjang plus suntik hormon pula. Anak itu amanah, rezeki yg dititipkan, kehadirannya tak bisa kita paksakan atau diprediksi. Ada yg cpt hamil petama tp pas hamil kedua, susahnya minta ampun. Ngga hamil2. Sehat selalu ibu dan calon baby yaa. Minum Anmum yg rutin dan jaga makanan, yg bergizi tinggi.

    1. Author

      iya mb ini udah rutin minum susu anmumnnya pagi dan sore alhamdulillah

  8. Selamat ya Mba Fika…nikmati prosesnya dan rasakan keajaibannya. Aku jg dulu minumnya Anmum waktu hamil Aira dan Audrey

    1. Author

      toss lah kalu gitu sesama penyuka anmum bun indri

  9. Semoga bayinya lahir sehat dan selamat ya, begitu jg dgn ibunya. Sehat2 terus. Pasti seneng banget yg ditunggu2 akhirnya datang.

    1. Author

      aamiin allahumma aammin, makasih doanya mb ela

  10. enak banget baca artikel ini pake timeline waktu. suka deh! anyway, selamat menikmati keajaiban ya bunda Fika.. sehat2 selalu dan lancar jaya semua prosesnya. amiiinn

    1. Author

      hahaah iya biar runut aja bun sonya

  11. Pertama2 aku ucapkan Selamat untuk bunda ficha yang mau jadi calon mom. Semoga selalu diberi kesehatan selama kehamilan sampai dengan proses melahirkan nanti, baik untuk ibu dan babynya ya. Wah cocok banget ini susunya, kandungan nutrisinya sangat baik sekali ya, terutama untuk perkemgan otaknya. Dan juga untuk yg menyusui ada untuk menangkal baby blues juga ternyata….soalnya pengalaman baby blues bener2 ga enak. Hihihi….

    1. Author

      iya betul mb baby blues emang ga nyenengin.. makanya perlu bantuan support dari keluarga terdekat

  12. Turut bahagia mengetahui kehamilan Mba Fika melalui tulisan yang sangat menginspirasi ini. Agak sedikit menitikkan air mata juga merasakan seperti itu selalu ditanyakan oleh orang sudah punya anak berapa? Terkadang malas menjawab, tapi agak kurang sopan.

    Selamat ya Mba Fika sehat selalu sama calon baby dan sehat sampai lahiran. Doakan aku supaya segera menyusul.
    Amin.

  13. Happy pregnant bunda Fika,
    Aku terharubbaca perjuanganmu 😍 tapi semua berbuah manis ya mba,
    Semoga sehat selalu dan lancar hingga persalinan, btw aku juga suka bgt sama anmum rasa coklat 😍

  14. masya Allah, barakallah ya mba, aku haru bacanya. eh itu beneran ya setelah test pack masih tanya si mbah google? haha. selamaat menikmati masa2 kehamilan ya mba 😘

  15. Alhamdulillah ya mba.. Sedih aku bacanya.. SEmoga sehat selalu ya mba… Sehat terus bwt namanya dan dedek bayinya… Aamiin allahuma Aamiin

  16. Saya yg pake kerudung bunga2 di foto minum susu itu. Hahaha. Lhaa malah tebak2an wajah.

    Btw, sama kita, awal2 kehamilan sakit pinggang yg uuuhhh

    1. Author

      hahahahah iya kah.. wah salam kenal mbak nurul.. yg waktu itu dari serang kan ya

  17. Selamat Mba Fika, luar biasa masa kehamilannya. Sehat2 ya 🙂
    Acara kemarin benar2 sarat ilmu, senang banget!

  18. Ikut bahagia baca perjalanannya. Sehat terus bumil. Semoga kita sehat hingga melahirkan nanti

  19. Informasinya lengkap sekali ya, dukungan suami dan lingkungan memang penting untuk ibu hamil. Tentunya tidak mudah bagi seorang ibu menghadapi berbagai hal, perlu perjuangan. Untuk urusan keperluan gizi ibu, piliha tepat serahkan pada Anmum.

  20. HUaaaaaa, turut bahagia setelah tau ternyata udah positif hamil. Selamat ya, Mbak. Semoga Mba Fika dan dedek bayinya sehat terus.
    JAga aktivitasnya dan selalu perhatikan kesehatan. Hehhe

  21. Memang ya kehamilan itu Rahasia Allah. Jd saat sdh hamil sebaiknya dijaga beryl dengan asupan yang baik..

  22. Waahh semangat terus Mbak Fika, aku terinspirasi dari kesabaranmu. Aku juga udah 4 tahun menikah tapi kalo aku pernah 2 kali hamil cuma gagal. Nah sekarang lagi promil lagi sambil minum Anmum. Semoga bisa menyusul kebahagiaanmu yaa.

  23. wah alhamdulillah semoga kehamilannya sehat sampai melahirkan nanti yaa, pas banget ikut acara Anmum dpt ilmu yg bermanfaat. Btw ini mak Fika Puchino yg dulu beli nasi padang buat acara Reos di Ragunan ya? 😀

  24. wah berarti susu Anmum ini sangat bagus ya buat ibu ibu yang sedang hamil maupun yang sudah mempunyai anak yang masih membutuhkan ASI. Kandungan Gizi yang terkandung dalam susu ini bagus banget untuk sang buah hati

  25. Selamat Fika, Alhamdulillah, aemoga lancar sampai masa persalinan

  26. Barakallah kak Fika. Semoga sehat selalu dan dilancarkan proses kehamilan serts persalinannya kelak 💙

  27. Selamat mbak fika atas kehamilannya. Semoga lancar sampai melahirkan nanti. Aamiin…
    Aku dulu juga ketahuan hamilnya kayak flek2 gt, ternyata kata dokter itu tanda2 keguguran. Langsung dikasih obat penguat janin, vitamin, sama minum susu hamil. Alhamdulilah bentar lagi HPL. Semoga bisa ASI eksklusif. Aamiin…

  28. Wah selamat ya mbak Fika,,, ikutan seneng bacanya. Semoga sehat ibu dan janinnya, dimudahkan saat lahiran. Dan jangan lupa minum.susu Anmumnya loh..

  29. selamat ya mba fika, semoga sehat terus dan lancar sampai hari persalinan.. doakan juga semoga saya dan istri juga bisa ikutan mendapatkan momongan hihihi…

    kandungan gizi anmum banyaak juga ya, cocok juga nih besok kalau pas istri hamil hehhe

  30. Huwaa jadi kamu yang pake jilbab kuning Mba? Salam kenal y . Selamat atas kehamilannya, semoga lancar sampai due date jangan lupa untuk terus bahagia.

  31. Btw selamat ya mbak fika atas kehamilannya. Sehat2 terus sampai lahiran. Iiih, aku pingin elus2 perut mbak fika

  32. Waahhh Alhamdulillah mba.. memang ya disaat sudah ikhlas justru ada kejutan manis dari Allah SWT.. :”) selamat ya mba.. semoga ibu dan debay sehat terus..

  33. kegiatan seperti ini bagus ya
    tapi sayangnya cuma ada di kota kota besar
    semoga nanti ada di kota kota kecil
    teringat perjuangan waktu promil
    menunggu 5 tahun

  34. Selamat ya mBak Fika, turut senang atas kehamilannya. Moga lancar, sehat terus sampai kelak lahiran baby yang lucu aamiin 😀

    Btw minum anmum lacta pas usia trimester ketiga kehamilan katanya jg bikin ASI lancar sabis lahiran lho. Aku nyobain pas buat anak keduaku soalnya 😀

  35. Memang pertanyaan “kapan punya anak” itu menjengkelkan banget ya. Tapi ya gimana, mereka pengen tau kabar terbaru kita. Ya didoain aja supaya disegeraka

    Alhamdulillah ikhtiar dan tawakal membuahkan hasil ya mbak fik….

    Kalo nyobain susu anmum tapi belum nikah, boleh gak sih? 😁😁

    1. Author

      boleh aja sih.. biar darahnya nanti sudah penuh dgn asam folat xixix

  36. Memang butuh ekstra sabar untuk mempersiapkan kemailan, merawat kehamilan dan nanti meraeat bayi yang dilahirkan. butuh dukungan dari orang orang sekitar agar bisa kuat menjalani rutinitas menjadi ibu dan perlu ditunjang asupan nutrisi bergizi

  37. Waaah….selamat ya mbak fika, aku ikut senang. Semoga kehamilannya lancar jaya, bumil sehat selalu hingga waktu melahirkan tiba, aamin.

    Jaman saya hamil, susu hamil itu gak enak rasanya hahahah …sekarang ada rasa mangga segala ya. Iiih pasti enak

    1. Author

      iya betul rasa coklat dan mangga semua saya suka mb sally

  38. Selamat atas kehamilannya ya…ikut seneng deh..
    Dengan dukungan suami dan keluarga terdekat, ibu pasti akan lebih mudah melewati masa kehamilan dan menyusui. Semoga semua prosesnya dilancarkan dan dimudahkan…aamiin.

    1. Author

      terima kasih nurul doanya

  39. Selamat ya Fika atas kehamilannya. Semoga mama dan debay nya sehat terusss. Doakan aku segera menyusul ya mbaaa

    1. Author

      aamiin allahumma aammin insyaALLAH BISA sebentae lg pasti hamil

  40. Alhamdulillah turut bahagia dengan kehamilannya, Mbak, semoga sehat selalu. Daritadi banyak banget postingan acara yang sama, dengan kisahnya yang berbeda-beda. Ini aja udah bisa nunjukin extraordinarynya ya.

    1. Author

      alhamdulillah terima kasi tiwi

  41. Selamat ya Mbak Fika, lancar-lancar hamilnya. Sebagai orang yang sama-sama berbadan plus size, saran aku hamilnya jaga banget makan. Makan secukupnya, karena kalau enggak sakit jalan.. Hikss..

    Ini event penting banget untuk calon ibu, pas banget buat Mbak Fika, dan saya pun merasa banyak dapat ilmu 🙂

    1. Author

      wakaakakkkak betul banget teh dewi saya mah disuruhnya jgn naikin berat badan

  42. Selamat yah adikku ketemu besar, ikutan gembira dengar beritanya. Akan aku bawa dalam doaku selalu. Sehat2 buat dirimu bundanya dan bayi dalam kandungan sampai hari persalinan lancar. Begitu juga ayahnya.

    Benar banget dukungan suami saat aku memasuki kehamilan awal hingga sekarang itu benar-benar membuatku nyaman, bahagia, pede sebagai ibu baru. Beruntung sekali punya suami Siap Antar Jaga. Pasti bakalan no drama.

    Jadi kepengen hamil lagi itu ada yg rasa Mangga susunya. He3.

    1. Author

      iya enak mb yg rasa vanila mangonya

    1. Author

      alhamdulillah terima kasih byk ya mb

  43. Sehat selalu mba Fika & baby ya, salam kenal ya… kita gak sempet kenalan di TKP hehehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *