Eating Clean Untuk Hidup yang Lebih Sehat

“Apa kabar? Sehat” Pertanyaan ini sering kita dengar saat bertemu dengan orang lain. Dan biasanya kita menjawab dengan spontan ” Sehat”, Tapi apakah benar? tubuh kita sehat? mungkin dari luar kita terlihat baik baik saja, padahal kalau diamati kembali, keluhan kecil seperti mudah lelah, berkeringat, pusing, pegal hingga sering mengantuk bisa jadi alarm tubuh kita tidak fit.  Dan semua ciri ciri gejala diatas bisa jadi gejala penyakit berbahaya, dan semua bisa terjadi hanya karena pola makan tidak sehat yang tanpa kita sadari menumpuk menjadi racun di dalam tubuh.

IMG_20170602_174738

Maaf loh guys, saya ini bukan mau menakut-nakuti, diatas itu adalah sedikit dari informasi yang saya dapat ketika mengikuti #blibliFriendsMeetUp dengan tema Happy Fasting with Healthy Food, 2 Juni 2017 di Graha Niaga Thamrin Jakarta Pusat. Acara ini berupa Sharring session and mini workshop with Inge Tumiwa Bachrens Pengarang Buku Eating Clean. Mau kan dapat ilmunya juga? simak terus ya tulisanku kali ini.

Apa Sih Eating Clean itu?

” Eating Clean, Makan sampe habis? makan sampe bersih? ” Ujar Ayah mertuaku ketika membaca tulisan eating clean dari buku yang baru aku beli di Blibli dot com.  Hahaha tentu saja pengertian itu belum tepat.  Eating Clean itu adalah Skill dasar makan dengan pintar dan benar. Eating clean bukan diet ekstrim, tidak ada menghitung kalori, tidak ada kelaparan karena menahan lapar, tidak ada obat dan sebuah makanan ajaib dan yang paling penting. TIDAK ADA HASIL INSTANT.

Prinsip prinsip eating clean sebenarnya mengajarkan kita dan memberikan panduan dasar untuk makan dengan benar.

PRINSIP DASAR EATING CLEAN SEDERHANA

1. Makan makanan yang sebenarnya (Real Food)

Makanan yang kita konsumsi sebaiknya makanan alami, segar, minim proses pemasakan

2.  Disaat yang bersamaan kurangi/ hentikan makana yang tidak sehat

Contohnya makanan proses (pabrikan), makana cepat saji, gula (fractose), tepung proses, lemak tisak sehat dan susu proses, serta produk makanan yang terbuat dari susu proses.

3. Makan selalu dengan komposisi, porsi dan cara yang benar.

Makan dengan porsi sehat ini maksudnya perbanyak serat sayuran, cukup protein alami (namun batasi daging merah) dan makan sedikit karbohidrat. Dengan porsi demikian, makanlah teratur 5 kali sehari. Sarapan menjadi bagian yang penting dalam eating clean ini. Sarapan sebaiknya dimulai pukul 6-7 pagi. kemudian makanan ringan pada pukul 9 pagi. Tentu saja makanan ringan yang dimaksud adalah potongan buah, beberapa iris ubi rebus, segenggam kacang panggang. Makan siang pada pukul 12 siang, nasi merah, ikan, atau ayam panggang dan tumis kangkung. Jangan lupa minum air putih yang cukup.  Makan ringan jam 3 sore sama seperti camilan pada pagi hari, hindari makanan ringan proses seperti wafer,biskuit, keripik kentang kemasan.  Selain tinggi sodium juga mengandung gula. Makan malam terakhir pukul 6-7 malam.

Ada alasan penting mengapa mbak Inge mau bersusah payah belajar sendiri, mencari sumber informasi, membaca banyak buku. Hingga akhirnya memproklamirkan ingin melakukan project eating clean ini untuk sekeluarga. 7 tahun yang lalu, selain kanker tiroid dan payudara, mbak Inge juga mengalami banyak sekali komplikasi penyakit.  Dan itu ternyata disebabkan oleh pola makan yang salah.  Dulu keluarga mbak Inge amat menyukai junkfood dan barbeque.  Bukan hanya mbak Inge, suami dan anak anaknya pun mengalami banyak permasalahan kesehatan. Bahkan anak pertamanya yang saat itu masih berusia 10 tahun mengalami pra diabetes. Alhamdulillah dengan keteguhan dan keyakinannya untuk mengubah pola hidup sehat, mbak Inge dan keluarga sekarang terbebas dari semua permasalahan kesehatan. Caranya mudah sekali, hanya dengan konsisten menjalankan eating clean, ditambah olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

Mini Workshop

Kami juga diberi kesempatan untuk mencoba hidangan berbuka ala Mbak Inge sekeluarga.  Begitu azan Magrib berkumandang.  Semua peserta yang hadir berbuka puasa dengan air teh hangat tanpa gula, segelas air kelapa tanpa gula, 3 potong kurma dan dua potong melon.  Setelah sholat magrib, kami pun mencoba makan besar ala eating clean, yakni kurang lebih 3 sendok makan nasi merah, satu potong ayam kampung bakar, satu potong pepes tahu, sambal dan lalapan. Semua dimasak tanpa gula apalagi MSG.

Porsi makan eating clean
Porsi makan eating clean

Alhamdulillah karena penasaran, sepulang dari acara, saya membeli buku Panduan Mudah Eating Clean di Blibli. Semoga saya bisa konsisten mengubah pola makan seperti mbak Inge. Supaya hidup kami sekeluarga bisa menjadi lebih sehat, tubuh lebih bugar, berenergi.  Kamu bagaimana?

IMG_20170606_120539

44 Comments

  1. setuju banget, aku lebih membiasakan untuk makan masakan sendiri atau beli masakan yang diolah seperti wrteg tapi bersih. Supaya lebih sehat aja

    1. Author

      Betul mbak. . kalau bisa minyaknya jg diganti minyak kelapa aja

  2. Pertanyaan yang jadi pembuka tulisan ini kalo di mata kuliah kajian budaya dikaji hanya sebagai basa-basi semata. Jarang banget orang yang bakal jawab sejujurnya. Wkwkwk. Jika pun mereka tau keadaannya tidak baik-baik saja, kebanyakan dari mereka akan menutupi hal tersebut dan memilih untuk tampak baik-baik saja.

    Istilah eating clean masih asing sih ya buatku. Tapi kalo baca penjabarannya gak asing. Aku sering dengar dari teman yang getol banget diet semasa SMA. Pola makanku masih gak bener banget. Gak cuma soal waktu, tapi juga komposisi heu. Namun kumerasa masih sulit untuk mengikuti program makan kayak gitu. 🙁

    1. Author

      InsyaAllah ini mudah kok tiwi, krn cuma mengikuti pola makan kakek nenek kita dulu

  3. Aku belum berani Eating Clean. Lagi suka-sukanya jajan setelah bertahun-tahun menjaga pola makan. Tapi mau ngurangin konsumsi kopi sasetan, dan menambah kopi item. (makin ga bener deh)

    1. Author

      Wakaakaakak ih kopi sasetan mah cm ekstrak kopi doang dian

  4. aku malah banyakin gula di dalam teh hangat pas buka, heheeee. AKu mau coba nanti sore, gulanya dikit

    1. Author

      Siap nanti kabari ya mbak proggresnya

  5. Thanks Mbak Fika sudah sharing tentang eating clean terutama 3 prinsip dasarnya. Sadar diri sih, aku dan keluarga keseringan makan makanan instan gara2 aku malas/ga sempat masak. Jadi pengen ngubah pola sedikit demi sedikit. Demi hidup yg lebih sehat. Sudah banyak contoh orang yg kewalahan mengidap penyakit akibat pola makan yg salah.

    1. Author

      Iya betul skrg ini serem banget penyakit penyakit yg menyerang orang2 muda

  6. Saya udh hampir sebulan ini jg belajar eating clean mba.. mengurangi minuman berkarbonasi dan juga gula.. badan memang saya rasakan lebih segar dan enak

    1. Author

      Waaah keren mas tomi. . saya jg lagi mulao belajar nih

  7. Kalau suamiku saat ini keto dan selain BB turun, dia juga dapat bonus badannya katanya lebih seger.
    Nah dia ngajakin aku keto tapi aku susah krn msh suka nasi hahaha. Boleh jg nih belajar makan eating clean. TFS infonya ya mbk 😀

    1. Author

      Keto bukannya berbahaya mbak. . duh itu makan lemak dlm jumlah banyak. . serem ih

  8. Ya ampun berasa disentil sm tulisan ini. Di rumah aku memang mengkonsumsi mkanan alami hasil dr kebun sendiri, dr mulai beras sayuram dan ayam kampung hasil ternak sendiri. Tp sejak ngkost aku gda yg masakin jadi ya seenaknya, males masak, beli instant food, makan mi instan, dll. Dan skrg aku sering terkena alergi,gatal2, setelah aku perhatiin ternyata gatalnya kambuh stelah mkan makanan yg ada pengawet ny dan.juga olahan makanan instant. Ahh ini tantangan berat banget mba.

    1. Author

      Mumpung kamu masih muda mudrikah, jadi terpaparnhya blm lama

  9. Kak Fika… hmm… kalo saya makan nasi merahnya banyak, nggak papa? nggak bisa makan dikiiit, biasanya kalo lauk belum habis, maka nasi harus nambah wkwkwk

    saya juga udah lama ngurangin teh-tehan yang pakai gula, juga air dingin. udah terbiasa ngonsumsi air putih. tapi hmm masakan tanpa gula ituuuu…. dan tanpa masako ituuuu… hmmm gimana ya njelasinnya

    wkwkwk

    1. Author

      Iya karena kita belum biasa. . sebaiknya perlahan lahan aja dikurangi. . biar ga kaget

  10. belum bisa benar-benar eating karena masih tergoda yang instan, hehehhe..bukunya bagus kayaknya untuk memotivasi hidup lebih sehat

    1. Author

      Iya bagus banget ada resepnya pula

  11. Mau nangis lihat foto makanan berbukanya, mba Fika…
    Heuu~~

    Itu kok bisa makan (sehat) gitu yaa…?

    Selama ini aku makannya gak bener banget mbaa…
    dan masih ngerasa baik-baik saja.

    Harus dirubah segera ini…gaya hidup yang seperti ini.
    Bismillaah…

    1. Author

      Semoga berhasil ya lendy. . chayo chayo semangat

  12. Niatnya clean eating, tapi apa daya kalau ada undangan makan dan saat meeting biasanya ngemil. Bubar deh clean eatingnya, mungkin suatu saat akan saya coba. Apalagi MSG itu nikmat rasanya.

    1. Author

      Hahajaj iya betul banget, tp kalau diniatkan bisa kok. .

  13. Masih baru dg istilah clean eating. Tp setuju dg pola makan spt yg Mbak sampaikan. Kalau dihitung jg bikin kenyang

    1. Author

      Iya bikin kenyang lama walau makan nasi sedikit loh

  14. Aku baru nyoba makan dikit nasi, banyakin lauk sayur, ikan, kaya gitu. Nyemil jg dikurangi. Mau jaga pola biar lbh sehat badannya

    1. Author

      Waaah langkah yang bagus jiah, semoga berhasil yak

  15. 3 prinsip dasar eating cleannya berasa nohok banget ya. Mbak Fika udah berhasil bikin saya, juga keluarga nih nantinya, untuk berpikir ulang kalau mau jajan di luar. Hahaha, mulai harus menyukai masakan rumah lagi dan lagi.
    Makasih infonya

    1. Author

      Lebih hemat jg, coba jadi jarang jajan di luar kan?

    1. Author

      Ayooo diteruskan usahanya. .. Jgn menyerah. . demi hidup yg lebih sehat

  16. Aku membatasi konsumsi makanan instan untuk anakku, tapi belum bisa membatasi diri senidiri. Sulittt, apalagi kalo anak rewel, ga ada yg gantiin jaga, ga ada motor buat pergi ke warteg. Larinya ke mie instan. 😥

    1. Author

      Hati hati makanan waeteg mbak. . kadang ada msgnya

  17. waini waini

    eating clean, kelihatannya mudah banget yaaa
    padahal maahhh susah banget buat dijalanin,

    dulu pernah, ganti beras putih jadi beras merah, hasilnya? enak sih, badan lebih enteng juga.

    tapi begitu kena cheating,,,
    rusak program semuanya

    :)))))))))

    1. Author

      Iya erina, kulit jg halus kalau rajin makan buah dan sayur. . ga perlu pake skincare deh

  18. yess mba fika setuju. sekarang kudu hati2 pilih2 makan ya., dan yup eating clean penting banget. milih porsi juga dan meperhatikan asupannya. cuma ya itu ya bener-bener harus konsisten di tengah banyaknya godaan makanan di mana-mana. 🙂

    1. Author

      Betul mbak ira, melihat keberhasilan penulis melawan cancer. . jadi semangat untuk eating clean jg

  19. Aku dulu sempat eating clean, clean banget malah pas lagi sakit. Dan berat badan lumayan turun drastis. Sekarang udah enggak se-strict dulu pas milih makanan, cuma aku udah full stop berhenti makan jeroan dan santan. Yang paling penting pas milih pola makan ini tuh adalah komitmen, karena kalau enggak udah bye~

    1. Author

      Wah share dunk teh gimana hasilnya?

  20. Terbiasa pas buka makan dengan makanan besar + air putih.
    Jarang minum es terlalu banyak,soalnya buat persiapan tarawih klo minum sma makan yg berat2 khawatir ga kuat berdiri.

    Pengen nyicipin eating clean itu nah.
    Apalagi nyeruput teh tanpa gula.
    Weuhhh kek gimana tuh rasanya. Hheee 😂

    1. Author

      Hahahah iya yang namanya sehat itu emang penuh perjuangan. . pelan pelan aja

  21. Yes. Sehat itu berawal dari perut
    Kalau perut menerima makanan yang bersih dan sehat maka dia akan menyebarkan kesehatan ke seluruh tubuh

  22. Aku setuju nih karena kesehatanmu adalah apa yang kamu makan. selama kita ngejaga makan maka semuanya akan sehat dan baik baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *