8 Secret Key For Grow Youtube Channel by Yonna Kairupan

 

“Tante vlog tante apa”?. Terus terang saya kaget banget, ditanya oleh seorang bocah umur 8 tahun, anak kerabat saya. Saat itu saya belum punya akun vlog, walaupun saya sudah tahu tentang vlog dan youtube itu sejak lama, tapi hanya sebagai viewers dan 8 bulan lalu setelah ikut event tentang vlogger, saya coba coba membuat akun di youtube. Saya akui akun tersebut memang belum maksimal saya kelola, dan vlog yang saya produksi pun hanya sekedar vlog biasa yang dibuat untuk mendukung postingan blog. Beberapa kali mengikuti event tentang optimization youtube juga tidak membuat saya paham karena yang dibahas hanya kulit luarnya saja. So ketika Indonesian Female Blogger mengadakan workshop ini, saya langsung bersemangat mendaftar dan alhamdulillah menjadi salah satu peserta yang terpilih.

Kamu juga mau ilmu kece dari mbak YONNA KAIRUPAN? baca sampai habis ya. karena saking lengkap dan dikupas habis habisan, blog report kali ini akan sangat panjang, tapi yang penting semoga bermanfaat dan menjadi ladang pahala jariyah untuk mb Yonna nantinya.

IMG-20170531-WA0016-01

About this #IFBWorkshop

Acara ini diadakan 27 Mei 2017 di Best Western Premier The Hive, hotel bintang 5 dengan posisi strategis di pusat bisnis Cawang Jakarta Timur. Saya yang tinggal di kawasan Blok M cukup menggunakan Bus Transjakarta menuju Best Western Premier The Hive. Setelah 2 kali transit, di Semanggi dan Cawang Uki, tibalah saya tepat di shelter cawang soetoyo yang pas sekali berada di depan hotel Best Western Premier The Hive

Grow Your Youtube Channel bersama YONNA KAIRUPAN founder Indonesia Female Blogger bekerja sama dengan Nyx Cosmetic dan Best Western Premier The Hive ini diadakan di ruangan meeting Trigona lantai 3 mulai pukul 14.00-hingga berbuka puasa Bersama. Saat saya tiba, sudah banyak yang hadir Ontime di lokasi, dan acara pun dimulai tidak lama kemudian.

Apa sih vlogger itu ?

Vlogger adalah orang yang membuat Vlog, sedangkan Vlog adalah Video-Blogging, atau bisa disingkat vlogging (diucapkan Vlogging, bukan V-logging), atau vidblogging, merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama. Berbagai perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera murah yang dilengkapi dengan mikrofon merupakan modal yang mudah untuk melakukan aktivitas video blogging. (sumber wikipedia)

Sebelum memulai membuat vlog dan mempostingnya di Youtube, coba tanyakan tiga W berikut ke diri masing masing.

WHY YOUTUBE?

Kenapa sih kita harus youtube-an? Sekiranya alasan berikut yang melatar belakangi kenapa youtube-an it must.

a. Hidup hanya sekali,

Menurut mbak Yonna, banyak hal menarik di sekitar kita yang ternyata bila dibagikan bisa menjadi inspirasi bagi yang lainnya.

b. Networking

If we do youtube for the right reason, kita bisa menjalin hubungan baru dengan orang lain (Networking) dan menambah banyak jaringan positif yang nantinya akan memiliki efek positif pula untuk perkembangan diri.

c. Skill Bertambah

Dengan seringnya mengerjakan shoot untuk vlog, lama kelamaan skill kita akan bertambah seiring dengan memperbaiki kesalahan diawal awal membuat vlog. Mbak Yonna mencontohkan dengan kemampuannya dulu pada postingan perdananya, dan sekarang dengan satu kali take tanpa kesalahan di setiap video reviewnya.

d.  Gain Money, Money, Money

Youtube itu bisa menghasilan tripple money.  Money yang pertama dari youtube adsense, money yang kedua dari endorsment, money yang ke tiga dari afiliation. Menggiurkan toh?

e. Tough/ Tangguh

Saya melihat orang orang yang jadi seleb di youtube adalah orang orang yang tangguh dalam menjalani kehidupan, ini terkait bagaimana mereka menghadapi haters, komentator pedas dan dislike di setiap post content.

What Impact To Achieve?

Setiap orang punya alasan berbeda beda terkait pencapaian yang diinginkan saat memutuskan terjun di dunia Vlogging. Bahkan Najmah anak Mbak Yonna sendiri sudah punya achievement kenapa membuat youtube kairupankids. Sampai disini pikirkan, apa pencapaian yang kita inginkan nantinya?

What  a Benefit?

Berikutnya adalah, apa keuntungan yang ingin kita capai?  Penting sekali untuk have the great reason and know the right reason dalam melakukan sesuatu, jangan sampai kita cuma ikut ikutan saja.

So guys setelah merenungkan 3 W diatas, sudah siap untuk mengelola Akun YOUTUBE secara pro? berikut 8 keys secret yang menjadi kunci kesuksesan seorang Yonna Kairupan Moms dengan 4 orang anak, berusia 40 years old, dengan beragam aktivitas diantaranya Profesional Vlogger, MUA SFX untuk beberapa film, Content Creator, dan Founder group blogger and vlogger. Mbak Yonna selalu bilang, kalau saya bisa, kalian juga harus bisa..

Yonna Kairupan, Multitalented Mom
Yonna Kairupan, Multitalented Mom

Check it out girls..

8 kunci untuk mengembangkan Youtube Channel

1. Know Your Self So Deep

Menjadi diri sendiri, apa adanya dan punya ciri khas akan menghasilkan content yang orisinal dan tentu saja peluang untuk mendapat viewers menjadi lebih besar.  Untuk mengetahui hal ini, kita harus jujur dan mampu mengenali kekuatan dan kekurangan diri masing masing. Sering kali untuk memukau orang lain kita berubah/meniru menjadi orang lain, padahal keunikan diri kita hanya akan muncul bila kita menjadi diri sendiri.

2. Focus Or Clarity

Seperti pepatah di dunia Youtuber mengatakan ” Richest are in the Nichest”. Kita harus punya Klarifitas atau Fokus kategori channel youtube kita.  Karena yang terlalu general dan unclear, biasanya susah bertahan lama.

3. Value

Apa sih nilai tambah yang didapatkan viewers bila menonton contentmu? apakah education, information, entertaint, inspiration, atau pun motivation?. So harus pastikan dulu apa manfaat yang bisa kita berikan ke viewers melalui video yang kita upload.

4. Start Now

Bila sudah menemukan jawaban dari 3 alasan diatas, langkah selanjutnya adalah memulai.  Berhentilah menjadi analyst terhadap youtube channel orang lain, dan stop being perfectionist. m Seperti yang mbak Yonna sampaikan, tidak perlu jadi hebat untuk memulai sesuatu, tapi mulailah sesuatu untuk bertambah hebat. Mulai dari sekarang dan lakukan secara independent.

5. Youtube Search

Manfaatkan keyword yang eyecatching, apalagi youtube mendapatkan privilage dari google. Bila keyword yang kita gunakan sesuai dan dicari banyak orang, bisa jadi google akan merekomendasikan channel kita pada para pencari di search engine.  Untuk hal ini saya sudah mencobanya, dimana vlog yang mempunyai keyword judul eye catching, mendapat viewers yang jauh lebih banyak. Juga cari topik topik yang sedang hangat, namun selalu sesuaikan dengan niche channel youtube kita.

6. Konsisten

Sesuatu itu lebih baik dimulai dari kecil, sedikit tetapi konsisten. Karena alogaritma youtube sekarang menghargai postingan yang viewnya banyak dan konsisten di upload dengan timing tertentu. Misal 1 minggu sekali

7. Ready for Haters

Sebagus dan sekeren apapun videomu, pasti akan ada tangan tangan tega yang melayangkan dislike ataupun memberikan komen komen pedas. Abaikan saja, tetaplah berkarya.

8. Hustle Moore

Kalau sudah post vlog kita, jangan lupa untuk promo, share ke social media. Percuma kalau sudah di upload tapi kita tidak share atau informasikan ke social media.  Taktiknya jangan share dalam waktu bersamaan di beberapa komunitas, beri timing/jeda waktu yang berbeda. Selain promote, kita juga harus meningkatkan engage, kita pasti lebih terkesan dengan orang terkenal yang ramah dan tidak sombong, nah sebagai youtuber sebaiknya usahakan untuk membalas setiap komen yang masuk karena ini akan memberi engagement respon yang positif.

Nah Mbak Yonna Says, bila 8 hal diatas dilakukan secara serius dan konsisten, insyaAllah kecil kemungkinannya akan salah arah, dan Youtube channel kita akan berkembang.

Setelah pemaparan ini, para peserta juga dichallenge untuk mempraktekkan secara langsung di depan kelas. Saya menjadi salah satu yang berkesempatan maju ke depan kelas untuk mereview samsung s7, walau hasilnya belum memuaskan karena masih kurang fokus tapi saya tetap happy dan bersemangat untuk merombak akun channel saya menjadi sebuah akun channel yang lebih fokus/clarify.

IMG_20170527_171821-01-1

Keseruan acara ini tidak sampai disini saja, karena sebelum  pulang, kami diajak ke restorant Best Western Premier The Hive dilantai atas untuk berbuka puasa. Bocoran sedikit, Heather restaurant yang terletak di lantai 5, merupakan side pool resto, karena tepat disamping kolam renang. Selama bulan ramadhan, Heather Resto menyajikan 60 jenis menu takjil. Saya sampai bingung mau makan apa disana, akhirnya ini menu takjil yang saya ambil

.IMG_20170527_183424

Source pict, trip advisor
Source pict, trip advisor

Nah yang menyenangkan lagi, sebelum pulang masing masing peserta mendapat godiebag NYX cosmetic yang harus direview. Isinya banyak sekali, ada 4 lipstick, 1 eyebrow dan 1 Bbcream. Saya senang sekali bisa ambil bagian dalam acara wokrshop keren ini. Dan untuk Review Nyx Cosmeticnya akan tayang insyaALLAH tanggal 3 juni.

IMG_20170527_181622

Semoga kalian yang membaca tulisan ini juga dapat mengambil manfaat dan dapat mempraktekkannya. Bagaimana? sudah siap jadi terkenal karena youtube? InsyaAllah saya sih siap.

Terima kasih Best Western Premier The Hive, Terima kasih Yonna Kairupan dan IFB, Terima kasih NYX cosmetic, untuk teman teman yang mau mengadakan buka bersama, staycation, atau sekedar meeting rekomended banget di Hotel Best Western Premium the Hive, bisa menghubungi contact disini.

Best Western Premier The Hive
Alamat: Jl. DI. Panjaitan Kav. 3-4, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13340
Telepon: (021) 29821888
Website: www.bwpremierthehive.com
Facebook: Best Western Premier The Hive
Instagram: @bwpthehive
Twitter: @bwpthehive

56 Comments

  1. Mempunyai vlog intinya harus kongsisten yaa… Apa lagi kalo terkenal Youtube membayarnya dengan dolar ihh jadi mupeng

  2. Saya selama ini hanya tau YouTube utk nonton ulang film/sinetron/berita lainnya yg saya lewatkan, oalahh ternyata ada yg namanya Vlogging ya mbak?? Jadi pengen aktif di YouTube jugaa, ada sih id nya tp masih binggung cara uploud nya, next ajarin aku yaa mbak fikaa…
    Btw itu lipstik NYX nya ada yg warna pink gak? Ditunggu reviews nya ya

  3. Asik kalo bisa vlog makin Kece aja blog Kita Dan bisa jadi peluang jadi orang hitz . Seperti radaia dika

  4. Sama akupun punya akun You Tube cuma buat mendukung postingan blog. Semoga bisa punya rasa percaya diri bikin Vidio kayak orang-orang😁.

  5. Masih suka malu tampil ngomong di youtube, tapi tips dan triknya menarik nih.. kayaknya bakal aku coba.

  6. Terima kasih mbak, saya sering buat video tapi masih belum tahu cara yang benar buat vlog yang bagus

    1. Author

      iya sama saya juga mbak, aduh vlog vlog yg lama krg menarik

  7. aku nunggu review NYX yaa. Harus dibuat videonya kah? huhu…aku masih ga PD bikin video yang harus close up gitu

    1. Author

      nggak wajib sebenernya, tapi mau coba biar tertantang gitu

  8. Lengkap dan bermanfaat sekali artikelnya. Kebetulan saya lagi belajar. Senang baca ulang2. Menurut saya ngevlog itu susahnya saya suka keslibet bicara, suka lupa ingatan,gagap bicara dan kamera. Mesti banyak belajar nih. Nanti ajarin yah Bun. Selamat ya dapat kesempatan ini. Dapat produk Nyx makin menambah keceh saat ngevlog ini. Ditunggu video2nya.

    1. Author

      ala bisa karena biasa mbk.. insyaALLAH lama lama bisa 1 take kayak mbak Yonna

    1. Author

      banget.. dan subscribernya jg ratusan

  9. Ilmu yg bermanfaat banget ya. Selisih sehari kemudian saya jg mendptkan kesempatan yg sama dari Mayo, emak 4 anak yg ramah dan gak pelit berbagi ilmu. Mantapin hati nih tuk coba bikin vlog.

    1. Author

      ayooo mbak dicoba.. dipraktekin ilmunya nih

  10. Pengwn banget kemarin ikut sayang pas gak bis akarena ke bali. Sampai saat ini paling gak bisa bikin youtube makanya pengen belajar. Semoga next ada lagi yaa

    1. Author

      aamiin, iya bagus banget ini workshopnya kemarin..

    1. Author

      wah sayang banget ya… kalau ikutan bisa ketemu nih kita

  11. Walau nggak ikut workshop, berasa dapat ilmunya yg pas acara tsb. hhee
    Terpikirkan buat pengen jadi vlogger, cuman belum berani di depan kamera, hhee
    tapi klo vlog yg isinya unboxing, insyaallah masih beranii, mbak. hee
    TFs buat sharingnya ya mbak.. heee

    1. Author

      nah mulai aja dr unboxing dulu… yg paling utama kata mb yonna itu harus know our self dulu

  12. Aku sebenarnya pengen juga punya channel youtube yang aktif kayak Mbak Yonna. Tapi gimana, ya. Channel youtube aku isinya cuma alay-alay gimana gitu..

    Beruntung banget nih bisa ikutan workshopnya Mba Yonna 😀

    1. Author

      iyaaa.. apalagi dpt peer suruh review nyx. ya Allah rasa beruntungnya makin berlipat ini nurri

  13. Aku salah fokus di awal baca judulnya secret Key kaya merk skincare Korea hahaha. Aku untuk sementara belum berani bikin vlog sendiri tapi Bantuin suami dan ipar buat bikin heuheuheu… iya tuh haters YouTube itu edan Btw, gak salah pun dikatain gimana kalau salah kita

    1. Author

      hahahhh kalau kata mb Yonna mah cuekin aja.. yg penting tetap berkarya

  14. Wah belum kepikiran buat bikin Vlog yang serius. Selama ini make Youtube ya buat mendukung post Blog aja. Mungkin kedepannya tips dari Mba Yonna boleh juga nih.

    Tapi Mba Yonna enggak ada ngasih Tips buat mereka yang belum punya gadget pendukung seperti kamera yang memumpuni nih? Soalnya kalau pake smartphone yang sering terjadi adalah shake video dan noise suaranya. Agak susah masalah ini.

    1. Author

      nah itu masuk ke weakness mas, kalau memang yg ada baru itu, kayaknya di optimalin aja dulu seadanya, misal nanti kalau sudah dpt keuntungan misal dr endorse.. sebagian hasilnya bisa dikumpulkan untuk upgrade peralatan

  15. Focus dalam niche yang sulit karna kadang mau nya ngikutin trend, jadi kadang ngawur pas bikin konten. hahahaha
    salam kenal ya mba

    1. Author

      hahahaa apalagi aku.. aku masih awam banget nih

  16. Aku mau jadi vlogger masih maju mundur terus nih. Enggak pede. Besok mudik lebaran coba lagi ah bikin video traveling. Makasih tipsnya, Mbak Fika.

    1. Author

      uhuyy good idea dian… apalagi kamu pinter nemu spot bagus tuh

  17. Infonya lengkap juga ya mba fixha mengenai event workshopnya, terimakasih untuk info tentang youtube ini, saya sudah mulai ingin mencobanya juga.

    1. Author

      iy mbak mel.. dikau kan pinter make up tuh.. sekalian aja coba jd beauty vlogger

  18. Kalau membuat video di YouTube haru konsisten dan nichnya ya, tak mudah dilakukan tapi bisa kalau memang “niat” ya. Jadi mau ikutan belajar juga.

    1. Author

      iya apalagi koh gio masih muda.. enaklah mejeng2 depan kamera… kalau aku ini aduh apalah.. blm pede euy

  19. Aku belum terlalu memberdayakan YouTube karena biaya kuotanya mesti gede hehe..next semoga bisa ke sana.

    1. Author

      xixixixi ada tips dr vlogger kemarin yang memanfaatkan wifi gratisan mba ela

  20. Gak panjang kok blogpostnya, mba Fika.
    Aku suka banget ulasannya.

    Mendetail.
    Jadi orang awam sekalipun, bisa paham.

    Hanya saja kalau mau jadi vlogger, asesorisnya mesti nabung sedikit demi sedikit yaa…
    Aku tuuh…suka speechless kalo uda di depan kamera.

    Heuu~

    1. Author

      aduh apalagi aku lendhy.. kayaknya kamera tuh isinya muka aku semua.. hahahaah saking lebarnya aku ini

  21. sampe sekarang gw blom memulai vlog, malu sebenernya sama diri snediri sering pernah cobain live di IG, FB sebenernya udah cukup untuk memulai keberanian di dpn kamera. Sudah saatnya ya biar hits kayak rang-orang. Thanks share nya mba, buat membangkitkan lg semangat belajar vlog. 😊👌🏼

    1. Author

      ho oh mitha.. apalagi kamu masih muda… kesempatan itu terbuka lebaaaaaar banget

  22. aku juga mulai belajar buat vlog mbak. cuma memang susyah ya buat konsisten. jangankan vlog, blogku aja sering terbengkalai. duuuh,,, aku memang selail itu 😀

    1. Author

      xixxxix emang kita itu harus nentuin dulu tujuannya buat apaan.. biar lebih semangat.. ayoo diah cemungud ea

  23. Mkch mba Fika ilmunya lengkap banget, jadi pengen praktek.

    1. Author

      iya langsung aja praktek ya…

  24. Konsisten.. ini lah yang paling susah saya laksanakan mba apalagi sudah ada kerjaan offline yang menyita banyak waktu ..

    Dulu sih sempat maen YouTube dan sekarang total udh dapat puluhan ribu view’ tapi ya gitu deh.. dah gak sempat lagi hehe

    1. Author

      wiih sayang banget ya, padahal monetisasinya lumayan nih kalau diseriusin

  25. Saya masalahnya selain perlengkapan itu poin ke-7. Ngga pede tampil. wkwkwkwk…
    Kadang kepikir sih, kalau gitu ya mesti ngangkat kelebihan blogging yang ngga terakomodasi sama video.
    Anyway, makasih ya Fika, sharingnya. Maybe kapan2 ternyata mau jadi youtuber. 😀

  26. Tantangan ngevlog buatku itu editing videonya. Bisa lamaaa banget. Dan kesadaran ambil video masih belum besar. Setelag kelewat baru nyadar, eh.. tadi harusnya aku videoin ya.. -_-“

  27. Waaakereeenn,

    Mau gudibeknyaaaaaa
    Hihihi

    Seru ya acara dan ilmunya, aku sendiri penasaran sama vloger cuma maju mundur terus mau bikin video, hahaha

  28. Aku orangnya malu untuk ngomong di depan ‘orang’ mbak, hahaha. Smg deh suatu hari bisa luncurkan channel yutub :’) Btw untuk pemula asiknya ngeVlog tentang apa, ya?

  29. pingin jadi vlogger tapi malu dengan diri sendiri di kamera. pass lets start bingung mau ngomong apa dan harus bagaimana. Konsistensi perlu banget dalam dunia yotuber biar orang mengenal kita dengan ciri khas kita sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *