Main ke Brunei, Wajib Datangi Kampung Ayer

masjid Sultan Ali Saifuddien, sumber foto: idesignarch.com
masjid Sultan Ali Saifuddien, sumber foto: idesignarch.com

Meskipun Brunei Darussalam selalu terlewat jika kita bicara tentang negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak destinasi wisata memukau, namun jangan dikira kalau di Negara Brunei tidak terdapat tempat yang juga patut kamu kunjungi. Negara kaya raya yang masih menggunakan sistem pemerintahan kesultaan ini juga mempunyai destinasi wisata yang mampu memikat hati para wisatawan.

Untuk kamu yang tidak ingin transit lebih dulu ke Kuala Lumpur, kamu bisa memilih maskapai penerbangan Royal Brunei Airlines yang juga merupakan maskapai milik negara Brunei Darusallam. Dengan memilih Royal Brunei, jika berangkat dari Jakarta tepatnya Bandar Udara Soekarno Hatta, kamu akan langsung menuju ke Negara Kesultanan tersebut. Saat keluar dari Bandara Brunei kamu akan mendapati situasi yang berbanding terbalik dengan Jakarta. Lalu lintas yang macet adalah peristiwa yang sangat langka di negara ini.

Empire Hotel and Country Club, sumber foto:lakwatserangligaw.com
Empire Hotel and Country Club, sumber foto:lakwatserangligaw.com

Tidak jauh dari Bandar Seri Begawan, terdapat bangunan termegah di Brunei, tidak lain adalah Empire Hotel and Country Club. Hotel dan klub yang diresmikan sejak tahun 2006 ini menawarkan hotel kelas atas dengan lift pribadi, kolam renang, bioskop, hingga suite yang sangat mewah. Masih bagian dari kawasan hotel, terdapat lapangan golf yang cukup luas, 6 restoran besar dan juga 3 bar serta area gymnastic. Tenang, bagi yang tidak ingin menginap di hotel ini, kamu bisa berfoto ria di area lobi hotel yang memang dibuka untuk umum.

Wajar jika saat mengunjungi Brunei Darussalam kamu melihat banyak masjid megah bahkan ada yang mempunyai kubah dari mas, dikarenakan mayoritas penduduk di negara ini memeluk agama Islam. Salah satu masjid yang cukup terkenal sekaligu menjadi landmark Brunei Darusallam adalah Masjid Sultan Ali Saifuddien. Masjid yang terletak di ibu kota Brunei ini memiliki 28 kubah sebagai simbol kesultanan ke 28. Keindahan masjid ini akan bertambah megah jika kamu berkunjung pada malam hari, di mana barisan lampu terang akan bersinar menghiasi bangunan masjid.

Kampong Ayer, sumber foto:vovworld.vn
Kampong Ayer, sumber foto:vovworld.vn

Selain tempat ibadah, destinasi yang wajib kamu kunjungi adalah Kampong Ayer yang dalam bahasa Indonesia berarti Kampung Air. Kampong Ayer adalah sebuah pemukiman penduduk yang berdiri di atas sungai. Jadi jangan heran jika di bawah rumah mereka ada perahu-perahu bukannya mobil. Ada pula alat transportasi umum yang bisa kamu temukan, seperti taksi air dan sampan tradisonal. Kampong Ayer sendiri merupakan warisan dari nenek moyang Brunei Darusallam. Rumah-rumah di kampong ini dihubungkan dengan jembatan gantung. Penduduk di daerah ini 30 ribu jiwa.

Destinasi wisata lain di Brunei adalah Pusat Penemuan Minyak dan Gas Brunei. Di destinasi kali ini, kamu akan dikenalkan dengan dunia industry minyak bumi. Tujuan dibangunnya tempat yang mirip seperti museum ini adalah untuk pusat pembelajaran sekaligus menghargai hasil bumi berupa minyak bumi dan gas yang telah menyokong kekuatan ekonomi negara Brunei.

Istana Nurul Iman, sumber foto:kabarmakkah.com
Istana Nurul Iman, sumber foto:kabarmakkah.com

Jika Yogyakarta punya Keraton, Brunei punya Istana Nurul Iman sebagai hunian Sultan. Seperti halnya masjid Sultan Ali Saifuddien, Istana yang juga menjadi kompleks perumahan terbesar di dunia ini memiliki kubah yang terbuat dari emas. Namun untuk berkunjung ke dalam Istana Nurul Iman, kamu harus datang waktu Idul Fitri. Karena saat itulah pintu gerbang istana dibuka lebar-lebar untuk umum.

Meskipun luas negara yang terbilang kecil, tapi itu bukan alasan Negara Brunei tidak mempunyai destinasi wisata yang menarik minat para wisatawan. Penasaran dengan itu semua? Buruan cek tiket Royal Brunei di traveloka.com/royal-brunei.

34 Comments

  1. Wahhh menarik bgt ini brunei,,duhh kpn ya bs kesana..makasih bgt fika infonya,,save dl ahh 🙂

    1. Author

      nggak ada yg ga mungkin mbak, insyaALLAH Suatu hari kita ke sana ya

  2. Kampong Ayer kayak di beberapa daerah di Indonesia juga ada ya.. Tertarik juga nih sama Pusat Penemuan Minyak dan Gas Buminya ..secara itu merupakan sumber daya alam mereka terbesar ya.. Thanks infonya ya Fika..

    1. Author

      iya brunei emang istimewa.. aku jg mau kesini

  3. Haii, bunda fika..
    Makasih sharingnya.. Salah satu destinasi wisata impianku adl brunei, doain yaa suatu saat bisa kesana ???

    1. Author

      aaamiin iya bun, masukin ke bucket list bun

  4. Iya ya belum kepikir buat ke Brunei. Negaranya kecil nyempil tapi kaya raya

    1. Author

      nah itu… lebih enak ngurusnya jg kali ya hahhahaaha

    1. Author

      aamiin insyaALLAH segera mpo

  5. Kefingiiin..tapi aw takut terbang huhuhu ..doakan ilang takutnya ya bun ficha biar bisa keliling asia n singgah di brunei pastinya InshaaAlloh hihihiii

    1. Author

      waduuuh iya smg segera berani terbang ya bun… aaamiin ya ALLAH

  6. Waaaww….. Bagaimana rasanya ya berada di dalam istana yang penuh dengan emas itu, seandainya suatu hati nanti saya bisa berkunjung ke Brunai dan ke kampung Ayer ini. Aamiin….. Semoga ya mba ficha.

    1. Author

      aamiin hayuuuk kemari barengan yuk

  7. Dari dulu, udah penasaran ingin main ke Brunei. Negara kecil yang sejahtera dan kaya raya. Ingin lihat Masjid Sultan Ali yang megah itu, deh!

  8. Duh keren banget pemandangannya mba fika di Brunnei…
    masuk wishlist mba sapa tau bisa ke Brunei dsn berkunjung ke Kampung Ayer

  9. Terkesima dengan keindahan Brunei. Selama ini memang terabaikan ya krn lebih banyak yang tertarik ke Kuala Lumpur atau Singapur. Ternyata Brunei keren yak

  10. Baru sadar Brunei kece banget wisatanya..tau nya dari dulu Brunei keren-keren masjid nya, tapi baru tau juga ternyata Brunei punya Istana Nurul Iman yang keren juga 😀

  11. aku juga sempet maen maen ke kampung ayer, seru juga tuh berpetualang disana. sempet nginep dirumah warganya juga

  12. hotel dengan lift pribadi, gimana tuh mbak? lifnya langsung ke kamar kita gitu yaaak? kok aku jadi norak gini hahhahaa…

    penasaran berapa tarif nginap di Empire Hotel, kira-kira berapa ya semalam 🙂

  13. Brunei sunyi sepi dari hosip. Adem tentrem ya, mereka? Mereka jangan-jangan merasa Indonesia negeri yg bising. #OOT
    By the way, Kampung Ayer dan destinasi lainnya bagus ya. Rasanya klasik, kalau ke sana kayak ke Keraton Jogja kali, ya? Meskipun dengan keunikannya sendiri. 🙂 #TFS, Fika!

  14. Ya Allah… aku membacanya sambil membayangkan senangnya jika ke sana. surprise sekali dengan keindahannya. memang jika bicara destinasi wisata Asia, Brunei sangat jarang disebut.

    Kampung Ayeeeeerrr…. Duh jadi pengen tinggal di sana barang seminggu.

  15. Ke Brunei itu kaya semacam impian Gitu, dari kecil pengen ke sana karena denger2 negeri nya sejahat era dan wah banget. Kalau ke Singapura Kan baru pengen pas heits Gitu

  16. Wohoo kampung ayernya epik sekali ya mba. Kece… duhhh

    Tapi memang ya brunei ini sering kelupaam kalo nglmongin asia tenggara apalagi jalan2. Padahal negara ini kece banget ya

  17. Alaamak bruneei 😀
    Kalo mau mengunjungi Brunei Living costnya sendiri gimana kak kalo di bandingin spore?
    Kalo lebih murah ya atuh mending ke sini hehhe

  18. Bagus banget ya Mbak. Saya jadi bayangin syahdunya tinggal di perkampungan Ayer ini. APalagi jika ingin menulis di sana, Unik sekali. Sesekali ada deru mesin kapal… ouch…. Pasang mupeng

  19. Emas….emas….dan semua serba emas.
    Mashaallah,
    berkahnya negara yang taat sama Allah SWT dan menerapkan hukum Islam pada negaranya.

    Semoga bisa ke Brunei dan mengambil ibroh dari perjalanan menikmati bumi Allah dari yang terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *