TIPS TETAP AMAN BILA TETANGGA MENGAMUK DAN BERTENGKAR 

Pernah ga sih, lagi asyik nonton tv, serial komedi, tapi tiba tiba dengar bunyi kaca pecah, dan pintu yang dipukul. Aku baru saja mengalaminya sekarang ini. Tetangga di kontrakan rumah adikku, ada yang bertengkar. Entah persoalannya gimana, yang pasti itu suaminya mengamuk dan membawa kapak ditangan, lalu menghancurkan apa saja yang ada dirumah mereka.

Hasil investigasi adikku melalui sms dengan para tetangga lainnya, kabarnya sang istri bersembunyi dirumah tetangga sebelahnya, diem ketakutan gitu. Jangankan mereka, kami aja agak khawatir mengingat dirumah ini ada nenek nenek berpenyakit kronis, ada bayi usia 2 bulan, ada batita yg belum 3 tahun, serta dua emak emak gendut yang kalau lari itu lamban sekali.

Adikku melarangku mengintip dari balik jendela, tapi kan kita perlu tahu situasi dan kondisi diluar, bagaimana kalau situasinya malah membahayakan tetangga lainnya termasuk kami. Yang penting mengintipnya ga terlalu ketahuan, lagipula kaca depan kan riben, ga terlihat kok dari luar.

Adikku aku suruh masuk kamar dan dua anaknya disiagakan, kalau ada apa apa kan enak kaburnya gitu. Kami berdua pun segera menghubungi suami masing masing untuk memberi kabar. Adikku menghubungi suaminya yang masih kerja, aku menghubungi suamiku di Jakarta, suamiku sih tampaknya tenang saja, mungkin dia tahu istrinya ini nggak penakut penakut amat.

Awalnya aku malah mau keluar rumah, karena kukira si suami memukuli istrinya, tapi dilarang adikku. untunglah ternyata suaminya cuma memukuli barang barang milik mereka. ih sayang banget ya.

Saat lagi tegang tegangnya suasana, ditambah bau bakaran baju di halaman kontrakan mereka, tiba tiba listrik di kontrakan adikku turun. wakaakakak terpaksa lah adikku mengizinkanku membuka pintu untuk menaikkan sekering diluar. kesempatan ini aku manfaatkan untuk kepo. hahahahah, oalah itu bapak yang marah marah, membakar pakaian, lemari pakaian dll di depan rumah mereka. Terlihat juga kapak ukuran besar diselip gagangnya di pinggang.

si bapak sempat melihatku dan bertanya lihat anak dan istrinya ga?, aku jawab enggak tahu pak. Ketegangan tidak berhenti sampai disitu, saat akhirnya aku mulai nonton tv lagi, tiba tiba pintu kami diketuk dari luar.  Terdengar suara si Bapak tetangga yang sedang marah. Bismillah, aku membukakan pintu.

“Yuk, boleh nitip TV ini yuk, buatan jepang dan tinggal satu satunya”

Aku sempat melongo beberapa detik, walau setelah itu segera aku jawab. “Ya Pak Boleh” ( hehehe, barang yang dihancurkan dipilih juga tah)

“Uang bisa di cari Yuk, kalau Harga diri aku ga mau diginiin yuk”

” oh iya pak, sabar ya pak” (Nasehat yang absurd, orang sedang mengamuk disuruh sabar)

Untunglah sepertinya ada yang berinisiatif melaporkan kejadian ini ke pemilik kontrakan, sehingga tak lama setelah menitipkan tv, aku dengar si Bapak berbincang dengan orang. Dan sepertinya acara bakar bakarnya selesai. Walau kapak mengapak dan banting membanting barang belum juga usai. Hingga kini tulisan ini dibuat, si Bapak masih juga marah marah.

Berikut tips dan trick yang dapat aku simpulkan dari pengalaman hari ini.

1. Bila ada tetangga yang sedang bertengkar, lebih baik tidak ikut campur kecuali membahayakan tetangga atau ada indikasi KDRT.

2. Jangan keluar rumah, Tutup pintu dan kunci, serta jauhkan anak anak dari sumber keributan.

3. HP STANDBY, pastikan pula pulsa tersedia, untuk menghubungi pihak berwajib atau pemadam kebakaran bila diperlukan.

4. Kepo diperlukan untuk mencari tahu dan memantau kondisi dan situasi di luar rumah

5. Hubungi pemilik kontrakan, atau ketua rt dan rw, untuk membantu menyelesaikan pertengkaran·

5. Jangan lupa berdoa supaya tetangga yang bertengkar segera berakhir.

Seperti itu lah yang dapat aku rangkum, hingga tulisan ini selesai dibuat, si Bapak tetangga sebelah masih belum selesai marah marah. Hadeuh, semoga kejadian seperti ini tidak pernah aku lihat lagi dikemudian hari. AAMIIN

Kalau kamu pernah ngalamin begini juga kah?

55 Comments

    1. Author

      iya euy, untunglah di kompleksku enggak ada yg begini xixixi

    1. Author

      iya betul uni, takut salah sasaran

  1. Waduh ngeri juga sama kapaknya. Terima kasih Mba Fika untuk sharingnya sangat bermanfaat. Untung istri anaknya ngumpet di rumah tetangga. Kl tdk bs jd korban KDRT. Dari lisan suaminya sepertinya krn cemburu / malu diceritakan ttg dirinya di mertua/ortu si suami.

    1. Author

      kece mbak bel, tebakannya kok bisa tepat gitu ya, gossipnya sih emang karna cemburu mbak

  2. saya yg membacanya ikut tegang loh Mba, huhuhu saya gak kuat/takut dengar /lihat orang bertengkar apalagi sdh ngancurin barang yg mengeluarkan bunyi keras 🙁

    1. Author

      asli pengen telpon polisi saat itu juga

    1. Author

      ya mau ga mau nurin, berani karena kepepet hihihhi

  3. Daerahana sih mba? Kok panggilannya “yuk” seperti di daerah ku? Haha..kepoo juga..
    Yang penting dalam urusan keluarga orang lain. Sebagai tetangga tidak perlu memanas manasi biarkan tenang dulu besok juga baiknya lagi haha pengalaman..

    1. Author

      Dari palembang mbak, dari palembang juga ya?

  4. Haahahaha, kalo pas ngalaminnya ya ikut deg-degan juga, mbak. Dulu waktu masih ngontrak petakan gitu ada aja deh pasangan yg ribut, teriak2, bantingin barang, teko sampe glinding ke luar.

    Kepo-kepo dari kaca jendela, liat perkembangan, sampe mana parahnya.

    BTW, nomor 5 ada 2.

    1. Author

      oh iya wi, makasih ya koreksinyA

  5. Benar juga ya mbak kalau harus tetap memantau kondisi di luar seumpama ada KDRT atau gimana-gimana biar tidak fatal kemudian

    1. Author

      iya tetangga itu garda paling depan dalam membantu tetangganya

  6. Alhamdulillah aku ga pernah ngalamin punya tetangga yang bertengkar sampai seperti ini.
    Tapi iya kepo sedikit emang perlu, buat jaga-jaga. Kalau ada kekerasan, kita wajib membantu. Begitu juga kalau yang jadi korban anak-anak. Jangan sampai tetangga karena ga mau ikut campur malah jadi membiarkan kekerasan terjadi.
    Itu ngintip dikit ngingetin aku sama tetangga di rumah mertua, kebetulan ada yang gangguan jiwa, jadi tiap dia ngamuk-ngamuk dulu suka ngintip.

    1. Author

      iya ini kebetulan tetangga adik di Palembang kemarin itu…

  7. wih ngeri kalau aku takut juga nich. Pernah ada tetangga karena rebutan anak, kalau selain itu entah lah semoga gak ada

    1. Author

      ini kabarnya jg rebutan anak.

  8. Tetangganya serem banget, kak. Didaerah rumahku, kalo ada orang yg kaya gitu, apalagi dia ngontrak, bisa2 udah disuruh pindah. Ganggu banget. Apalagi kalo ributnya hampir tiap hari.

    1. Author

      kabar terbaru dari adikku, tetangganya ini sudah diusir pemilik kontrakan

  9. Serem jika terjadi, awalnya panik tapi kan tetap kepo mau tahu. Tetangga pernah ada yang ribut besar, syukurlah dilerai oleh warga. Namun, sang istri akhirnya memutuskan pernah (lalu kepoin lagi gosip penyebab ributnya #eh)

    1. Author

      walau sudah diusir pemilik kontrakan, si pelaku masih sering datang.

  10. Aamiin. Duh, ikut ngeri membayangkannya Σ(゚д゚lll)
    Untung saja di daerha rumahku sampai sejauh ini ngga ada yang kayak gitu, kecuali seorang ibu di rumah kedua dari kiri yang sering teriak kalau panggil anaknya yang main (^^;)
    Btw itu kali pertamanya tetangga berantem seperti itu mba?

    1. Author

      iya, ini tetangga adikku… aku kebetulan menginap disitu waktu ibuku sakit… kalau lingkunganku sih aman.. kan ada keamanan yg jaga ruko tempatku tinggal

  11. Ya salam. Ngeri kali si bapak ini. Wkwkwk
    Tapi kok aku ngakak abis pas dia nitipin TV tuh? HAhhaa…
    Aku juga diajari Ibu, kalau ada yg berantem2 gitu, jangan keluar rumah atau ikut campur. Tapi tetap harus siaga dan ngabarin orang di luar rumah, biar mereka tau ada kejadian gini, dan ikut siaga juga.
    Semoga selalu dilindungi dari tetangga yg begini deh, Mbak

    1. Author

      nah itu yg ga habis pikir…. lah dia berarti sadar, jadi masih pilih pilih bäräng yang harus dirusak

  12. Tetanggaku jg pernah ada yg tengkar. Gak berani keluar rumah. Ngumpet aja. Takut terjadi hal2 yg gak diinginkan.

    1. Author

      ho oh.. khawatirnya salah sasaran…

  13. Sekarang masih emosi gak tuh si bapak?? Mau saya aduin sama yang kemaren malem di angkot….

    1. Author

      kabarnya sih masih… krn dia masih nyari istri dan anaknya yg sudah pindah

  14. “?” 2 ibu -ibu gendut ,
    Sedangkan aku di bekasi kan…
    Btw dl pernah pny tetangga, suami’y kasar bgt. Tp ga smp ngamuk (ancur2in barang seperti itu). Cuma sering mukul istri’y tp aku ga enak juga mo ngelerai. Smp akhir’y mereka pindah aku ga pernah ikut campur. Cuma skrg masih kepikiran, gmn asib istrinya. Makasih ya mak tips’y…

    1. Author

      hahahahaha maksudnya aku dan adekku mak…

      istrinya udah diselamatin keluarganya.. kalau ga salah pindah ke kota lain

  15. Luar biasa Mbak Fika, berani sekali ke luar rumah di saat ada bapak2 ngamuk. Saya mending ngumpet di dalam. Terima kasih sdh berbagi pengalaman dan tipsnya.

  16. Aduh jgn sampe deh punya tetangga tukang berkelahi macam ni

  17. Serem tapi kocak sibapaknya,aku ngbayangin dia org hawa yg ngomongnya ngapak gitu.
    Tp semoga gda kejadiam kayak gitu lagi,kasiam euy bnyak orang yg ke ganggu,mbo ya diselesaikan dgn damai.

  18. berarti ini live report ya >.<

    saya juga pernah punya tetangga kayak gitu. Bukan tetangga sih, lebih tepatnya keluarga sendiri, hahaha. Maklum, waktu itu ortu masih tinggal di rumah mertua, finansial juga belum kuat, tekanan dimana-mana
    alhamdulillah, sekarang udah pindah rumah. Dulu sih, masih sering bertengkar (setahun terakhir gak ada sama sekali malah, alhamdulillah). Mau teriak sekenceng apapun, nggak bakalan ada yang denger, soalnya rumah kami jomblo, hahahaha

  19. Whadhuh..ikutan tegang..tapi ya ada lucunya juga
    😂😂😂
    Di tempatku siy..sering jufa tetangga ribut..tapi yaahh..udah apal ama klakuan 1 keluarga itu..hehehe..dan..seperti biasa..aku mah tetep di dalem rumah..nanti juga bakal ada breaking news dari orang rumah😂

  20. Wahh serem banget mba.. lah apa mereka gak mikir ya pas nikah baik² kok malah skrg sampai bawa kapak wkwkek..
    Coba klo mau introspeksi masing² pasti g akan ada keributan. Makasih tipsnya mba.. sapa tau kelak saya ngalami tetangga ribut gt

  21. Aku pernaaaahhh, pas mudik ke rumah ibuku, tetangga depan rumah persis bertengkar suami istri.
    Asem tenan, mana pas aku lagi sakit lg.
    Puncaknya sang suami nabrak rombong sate istrinya (istrinya pedagang sate gtu). Saking berisiknya dan bikin aku mangkel aku tereakin dari dalam rumah: heeeiii gobloookkk, beraninya sama cewek, telepon polisiii telepon polisiiiiii.
    Trus si cowoknya turun dari motor dan mbenerin lg rombong istrinya.
    Tetangga gk keluar sih, tapi pd lapor RT/RW jg kyk saranmu mbak.
    Tapi keselnya si istri bbrp hari kemudian dah mesra2an lg sama suaminya yg pengangguran gak tau malu itu

    #inikenapapostingankuesmosigini yaaaa hahaha maaf maaf 😀

  22. wah, tetangga yang tanggap darurat. ku setuju sih kalau kita ngga perlu ikut campur, namun jika sudah menyangkut membahayakan orang lain memang perlu penanganan khusus dari pak RT/RW atau orang yang dianggap dituakan di komplek kita. Harus perduli juga dan cepat bertindak. jangan sampai terlambat

  23. Waduu…ini mesti diajak ke psikolog, mba Fika.
    Mengingat kemarahannya gak hanya merugikan dirinya sendiri, tapi juga lingkungan.

    Tapi gimana ngajaknya ya..?

    Mesti bisa berkomunikasi yang baik dan menyenangkan.

  24. Kok macam di sinetron gitu ya, ahahaha. Pakai nitip TV segala. Kalo di kampungku tetangga bertengkar jarang banget. Paling adu mulut, Mbak. Atau yg paling sering itu diam2 man, tapi bkn pasangan suami istri sih. Ibu2 yg entah ributin apa. Tetep lah kudu ikut waspada demi mencegah hal2 yg tdk diinginkan

  25. Marah itu panas. Memang sebaiknya tdk ikut campur dulu. Jd darurat baru deh bertindak. Serem ya punya tetangga seperti itu

  26. PERNAH!

    Di lingkungan rumahku yang masih terbilang wilayah kampung kalau ada kejadian kayak gitu pasti langsung ramai. Belum pernah sampai kapak-kapakan dan bakar-bakaran, sih, seingatku. Tapi banting-bantingan, pukul-pukulan, dan teriak-teriakan udah fasih betul didengar telinga. Kalau di lingkungan rumahku mah malah pada keluar tetangganya, Mbak wahahaha pada nyamperin dan coba melerai gitu deh. Jadinya, yang ngamuk-ngamuk gak perlu ngetuk pintu tetangga dan nitip tivi karena tetangganya udah datang sendiri hahaha

  27. Bagus nih infonya, terkadang saya ada masalah sama tetangga samping rumah, binggung cara mengatasi seperti apa hhee.

  28. pernah fik. Disosmed ngumbar kemesraan, kata- kata bak pujangga, motivator dan super bijak. Dalam rumah teriakan n makian yang ada, Anak2 kerap nangis terdengar. Sampai satu hari,,,,terlihat suami mau kabur, hahaha,,,,Benar ngak ikut campur. Telinga ma mata mantau aja takut rumahnya dibanting hahaha…

  29. Ya ampun ngerinya Mbak 😰 gimana kalau ada tetanggaku yang begitu ya? Terus cuma berdua dengan anak di rumah. Langsung deh kunci pintu hahaha…

    Errr masalahnya ada apa si? Hahaha kepo

  30. No. 4 wahahaha tapi penasaran juga sih ya kenapa sampai marah begitu. Trus apa kabar tv-nya? Dihibahkan? Semoga masalahnya selesai tanpa kapak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *