When Local Heroes Goes International

Kayak judul film yak,  hehehe ya miriplah ini.  Kisah tentang perusahaan lokal yang mengusung semangat Kearifan Nusantara dan cita cita menembus pasar Internasional.  PT. Jalur Nugraha Ekakurir,  yang lebih terkenal bila disebut dengan JNE, adalah perusahaan milik lokal yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik. Saya sendiri sebagai online shop sudah menjadikan JNE mitra pengiriman paket saya sejak tahun 2010. Ternyata Usia JNE sendiri sudah mencapat 26 tahun.  Bila diibaratkan usia manusia, sudah menginjak dewasa,  baru selesai srata 1, dan berniat melanjutkan strata 2 di Luar Negeri.

Berbicara tentang usia 26 tahun, di perayaan ultahnya kali ini,  selain beragam program dan hadiah untuk para karyawan JNE.  Kali ini JNE pun memberikan hadiah kepada para pelanggan setianya, seperti yang disampaikan oleh bapak M. FERIADI, Selaku PresDir Jne. ” Di setiap perayaaan hari jadinya,  tiap tahun JNE selalu mengadakan acara yang tidak hanya memberikan kebahagiaan,  tetapi juga manfaat kepada seluruh karyawan JNE. Khusus HUT JNE ke-26 ini,  JNE juga ingin berbagi kebahagiaan kepada seluruh pelanggan setia di Indonesia, dengan memberikan gratis ongkos kirim untuk intrawilayah jabodetabek dan intracity kota kota besar di Indonesia selama 2 hari berturut turut “

Informasi tersebut saya dapatkan ketika menghadiri blogger dan media gathering dalam rangka HUT JNE,  pada tanggal 22 November yang lalu.  Bertempat di Lounge XXI Plaza Senayan.  Dalam acara tersebut, selain mendengarkan pemaparan dari Perwakilan Jne tentang perayaan ultah JNE,  juga menyaksikan perkembangan JNE selama 26 tahun, dan rencana go International kedepannya. Mitra jne lainnya seperti yuk bisnis dot com dan cotton ink,  turut menegaskan bagaimana posisi dan pengaruh perusahaan lokal di dunia e-commerce sekarang. Apalagi untuk menghadapi MEA,  2016 merupakan tahun persaingan setiap elemen bisnis di Indonesia.
Acara blogger dan media gathering, dimulai setelah makan siang dan sholat zuhur.  Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan pemaparan dari ke 4 nara sumber.  Beberapa point penting yang saya tangkap dari acara ini adalah sebagai berikut.

1. Perkembangan JNE dari Masa ke Masa

JNE berdiri tahun 1990, merupakan perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian.  JNE juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (Pesona)  yang turut membantu mengembangkan bisnis UKM.  Dan sejak 2012 memisahkan divisi logistik menjadi unit bisnis tersendiri.  Tahun 2014 JNE siap mengembangkan e-commerce,  optimalisasi mobile apps,  membangun 250 kantor operasional dan mengembangkan 5000 jaringan outlet di seluruh Indonesia,  dalam rangka persiapan Asean Free trade area.

2. Jne mendukung UKM

Salah satu unit layanan bisnis JNE adalah program PESONA (Pesanan Oleh Oleh Nusantara). JNE mensupport para ukm pemilik brand brand lokal makanan khas,  untuk mampu bersaing di dunia e-commerce.  Layanan kurirnya pun menyesuaikan.  Lazimnya paket YES (Yakin esok sampai)  digunakan untuk makanan semi basah.  Saya sering menggunakan layanan pesona ini untuk memesan pempek dari kotanya langsung.  Seringkali pagi dikirim, menjelang magrib di hari yang sama sudah sampai dirumah saya di Jaksel.

3. HARBOKIR 26-27 November 2016

Harbokir atau hari bebas ongkos kirim, Harbokir ini adalah salah satu apresiasi JNE kepada para customer tercinta. Gratis mengirim paket sebesar 2 kg,  ke sesama intrawilayah jabodetabek atau intracity kota kota besar. memang sudah berlangsung 2 hari yang lalu.  Saya turut mengabarkan kepada para konsumen saya melalui socmed.  Karena sayang bila momen gratis ongkos kirim ini tidak dimanfaatkan. Alhamdulillah penjualan di jabodetabek meningkat di hari itu. Terima kasih JNE,  bermanfaat banget nih programnya.

4. Peningkatan Kualitas Pelayanan Kiriman dalam Negeri

JNE telah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi,  seperti Indonesia Original Brand yang sekaligus menegaskan bahwa JNE adalah perusahaan lokal, bukan milik asing.  Indonesian Customer Satisfaction award 2016. Dll.  Untuk meningkatkan kualitas pelayanan,  JNE membangun perluasan jaringan dan infrastruktur,  kini JNE memiliki lebih dari 6000 jaringan yang terkoneksi internet dan meningkatkan sistem sms informasi status pengiriman kepada pelanggan agar lebih detail terkait posisi paket diseluruh nusantara. Membangun gedung baru dibeberapa kota seperti medan,  batam,  bandung, wangon serta surabaya.  Selain berfungsi sebagai kantor,  dan titik layanan, juga difungsikan sebagai gateway.

5. Jne Goes International 

JNE akan lebih mengoptimalkan jaringannya di dalam negeri agar seluruhnya terkoneksi secara online, sehingga akan mendukung pengembangan kapabilitas JNE untuk pengiriman luar negeri.  Di penghujung tahun ini JNE akan menerapkan strategi yang akan meningkatkan layanan produk JNE International Shipment,  agar pengiriman berjalan lebih efisien, baik dari segi waktu maupun biaya sehingga tarif menjadi lebih kompetitif. Untuk yang mau mengirimkan paket ke LN,  JNE dapat mengirimkan berbagai jenis paket ke lebih dari 250 negara di lima benua.  Mulai dari paket biasa, hingga paket yang memerlukan penanganan khusus.  Nah semoga dengan lancarnya pelayanan ini,  diharapkan para produsen produk lokal yang telah berhasil memasarkan produknya di dalam negeri,  dapat memperluas pangsa pasar hingga ke mancanegara.  So tidak salah bila JNE sebagai brand lokal disebut heroes karena mengusung cita cita tersebut.  When local heroes go international.

Selain ke 5 hal diatas,  juga ada beberapa informasi menarik dan quote bijak untuk para consumen maupun pelaku usaha dari Jaya Setiadi Yuk Bisnis Dot Com,  Ria Sarwono : Cotton Ink yang bisa dilihat digambar berikut.

Apresiasi JNE kepada blogger dan media, juga ditunjukkan dengan beragam penghargaan kepada blogger dan media yang menjadi mitra jne.  Bisa dilihat juga di gambar berikut.

Alhamdulillah,  sebagai olshop selama ini belum ada kendala berarti saat menggunakan JNE sebagai mitra pengiriman paket.  Semoga kedepannya pelayanan semakin bagus,  sehingga JNE semakin di hati para Customernya.  Oh iya terima kasih ya JNE atas hadiah godiebagnya kemarin.  Bermanfaat banget. Semoga saya dapat kesempatan lagi dilain waktu untuk ikut acara acaranya JNE

1 Comment

  1. Heheehe…cerita2 yg menarik. Sayang kan kalo ga terekspos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *