Workshop Jahit Blouse Bersama Brother (Part 2)

3 bulan yang lalu saya sempat belajar menjahit bersama kriya Indonesia,  di Museum Tekstil Indonesia  Baca disini ya workshop jahit cardigan.  Dan momen tersebut jua yang mempertemukan saya dengan mesin jahit brother Gs2700. Nah akhir bulan Oktober kemarin,  saya beruntung bisa kembali ikut workshop jahit bersama Brother.  Cerita selengkapnya simak disini yuk.

Dari informasi yang saya peroleh di wall Facebook Mbak Astri Damayanti,  Founder Kriya Indonesia,  sekaligus blogger dan penulis buku.  Saya mendaftarkan diri untuk mengikuti workshop menjahit dari Brother Indonesia,  yang diadakan sebagai bagian dari show pada acara Pekan Raya Indonesia.  Acara ini dilangsungkan di Indonesian Convence Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), sayang sekali karena keterbatasan waktu saya tidak sempat mengelilingi semua pameran yang besar dan menarik ini.

Workshop Jahit ini diadakan di Hall 6 booth Brother Indonesia.  Beragam jenis workshop diadakan setiap harinya, namun saya memilih workshop menjahit Blouse.  Berikut contoh blouse yang telah selesai dijahit.  Mbak Astri inilah pengajar sesi workshop hari itu.

Blouse yang akan kami jahit nantinya adalah blouse model batwing lengan pendek,  yang menggunakan dua jenis jahitan.  Pertama jahitan lurus seperti biasanya dijahit dari dalam,  yang kedua adalah jahitan bordir yang dijahit dari luar. Setiap peserta mendapatkan bahan dan alat yang nantinya bisa dibawa pulang.

Hal yang pertama harus dilakukan adalah,  menempelkan pola diatas bahan. Caranya dengan melipat kain/bahan menjadi lipatan panjang,  lantas letakkan pola yang sudah diukur dan sematkan dengan jarum pentul. Beri tanda menggunakan pensil warna atau bisa juga menggunakan karbon lalu garis dengan reader.  Setelah itu potong bahan mengikuti garis pola yang sudah dilebihkan 1-2cm.

Bahan yang sudah dipotong siap dijahit. Tahapan kedua adalah menyatukan sisi atas dari blouse bagian depan dan belakang. Dengan menggunakan mesin jahit brother gs2500. Dan jenis jahitan no 2 (Jahitan Lurus) , tahap kedua adalah menyatukan sisi kiri dan kanan bahan, dan dijahit menggunakan jenis jahitan no 10. Jahit dibagian luar, karena berbentuk gelombang.  Jenis jahitan ini memberikan efek seperti dibordir.  Setelah semua selesai tinggal merapikan sisi atas dan bawah blouse serta bagian lehet.  Saya kebetulan mencoba jahitan no 3 yang berbentuk zigzag.

Mesin jahit GS2500 merupakan salah satu jenis mesin jahit portable yang dikeluarkan oleh Brother.  Selain printer, PT. Brother Indonesia juga memproduksi aneka mesin jahit,  mesin obras,  baik untuk skala rumah tangga ataupun pabrikan.  Dengan jargon At Your Side,  Pt.  Brother Indonesia sudah berpengalaman 100 tahun dibidang ini.  Selain handal apabila mesin jahit Brother anda mengalami kendala,  service center dan spare part juga mudah ditemukan.  Dengan kualitas Jepang,  sudah sepatutnya mesin Jahit Brother menemani aktivitas craft kita.  Alhamdulillah saya sendiri sudah memiliki Brother GS2700 yang tidak berbeda jauh fiturnya dengan mesin jahit Gs2500 ini.

FITUR Mesin Jahit GS2500

1. 25 JENIS MODEL JAHITAN

Banyaknya jenis jahitan,  membuat kita bisa menggunakan mesin ini untuk aneka kreasi.

2. QUICK AND EASY SET BONBIN

Memasang gulungan benang/bonbin,  tidak lagi menjadi suatu hal yang merepotkan.

3. BUILT IN NEEDLE THREADER,  LED LIGHTING,  4-STEP BUTTON HOLE,  ETC

Selain 3 hal diatas mesin jahit Brother GS2500 menawarkan kemudahan menjahit lainnya.  Sehingga cocok sekali digunakan untuk para pemula.  Buktinya saya dan teman teman,  bisa menggunakan mesin ini saat menjahit blouse di workshop.

Senangnya,  blouse yang kami jahit sudah selesai dan bisa dipakai.  Pas dan sangat nyaman sekali.  Terima kasih Kriya Indonesia dan mesin jahit Brother atas ilmu dan kesempatan yang diberikan.  Semoga saya bisa ikut lagi dilain kesempatan.  Sebelum pulang,  kami berfoto bersama memakai blouse yang sudah kami selesaikan selama workshop.

Sebagai Informasi tambahan,  masih ada workshop lainnya yang diadakan Brother Indonesia di Pekan Raya Indonesia.  Informasinya bisa dilihat di foto dibawah ini.

5 Comments

  1. saya kayanya harus ikut berulang-ulang workshop jahitnya biar makin mahir 🙂

  2. Mbaa fikaaa , aku mau ikut belajar jait jugaa donk.. hasil jaitannya baguss banget. kerenn mbaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *