Kunjungan Perayaan 150 Tahun Bubur Bayi Cerelac

Sebagai Alumnus Teknologi Pertanian, dahulu sering kali mengunjungi pabrik pabrik pengolahan pangan, bahkan pernah kerja magang di sebuah pabrik yang dulunya merupakan pabrik penggilingan gandum terbesar di Indonesia. ketika diajak Kumpulan Emak Blogger,  pada kamis  22 September untuk mengunjungi sebuah pabrik besar di Karawang, yang dimiliki oleh sebuah perusahaan “Mendunia” rasanya seperti mengalami dejavu, kembali ke masa perkuliahan. Kebetulan pula pabrik itu memproduksi bubur bayi yang dikonsumsi oleh Malika, si bayi unyu berusia 7 bulan. Lengkap sudah betapa excitednya mamak mamak ini akan berkunjung kesana.  Pagi pagi sekali saya sudah keluar dari rumah, walau jarak tempuh dari rumah ke titik kumpul di FX sudirman hanya 15 menit, saya tetap datang 30 menit lebih awal. Yup saya sampai di FX Sudirman pukul. 06.25 pagi. Saya tidak biasa datang terlambat, karena akan menghambat dan merugikan orang lain. Harapannya, bila semua peserta hadir tepat waktu, maka acara akan dimulai tepat waktu, dan pulang juga tepat waktu. Namanya juga mamak mamak, merasa lebih nyaman bila tidak meninggalkan keluarga dan rumah terlalu lama.

wp-image-717265828jpg-408x550
Alhamdulillah bus exclusive yang membawa rombongan mamak mamak ini berangkat pukul 08.00 pagi sesuai rundown acara yang sudah diberikan. Busnya sangat nyaman, dengan kursi kursi empuk bersandaran kaki yang bisa diatur, juga terdapat ruangan dengan kursi membentuk huruf U yang didalamnya dilengkapi hiburan karaoke dan tv berlangganan, serta alat pembuat kopi. Saya terpaksa tertidur di bus, karena memang masih mengantuk dan sedikit kurang enak badan. Sehingga memilih tertidur dalam posisi duduk di kursi depan. Alhamdulillah sudah terbangun kembali sebelum sampai di Pabrik. Pukul 09.46 bus kami memasuki halaman Pabrik PT Nestle di Karawang Jawa Barat.

wp-image-1846280138jpg.jpeg

wp-image-486602995jpg-408x550

Sambutan yang hangat kami dapatkan dari panitia acara, tak lupa snack dan welcome drink pun diberikan. Segelas lemon tea dingin, menyegarkan wajah wajah letih penuh rasa penasaran. Sesuai dugaan saya,  Pabrik Nestle yang saya kunjungi ini termasuk pabrik yang besar, kalau tidak salah tahap pertama telah dibangun seluas 28 hektar, dan tahun 2015 ada penambahan kembali untuk memperluas kapasitas produksi. Pabrik Nestle Karawang ini adalah salah satu dari 4 pabrik milik PT. Nestle di Indonesia. Rencananya selain merayakan Hari Ulang Tahun Cerelac yang ke 150 tahun.  Para undangan juga akan diajak berkeliling mengenal lebih dekat PT. Nestle dan mengintip sedikit proses produksi beberapa produk yang diproduksi pabrik Karawang serta belajar membuat MPASI yang sehat, bergizi dan lezat bersama chef Vania Wibisono. Resep bisa dibaca disini 

wp-image-1010883369jpg-408x550

Yuuuhuuuu berikut pengalaman dan informasi menarik yang saya dapatkan selama disana

Sejarah Pt. Nestle Indonesia

Pt. Nestle Indonesia merupakan anak perusahaan multi internasional yang berpusat di Vevey, Swiss yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman, dengan jargon Good Food Good Life.  Pt. Nestle ini didirikan oleh Henry Nestle pada tahun 1867 yang dilatar-belakangi ditemukannya Farine Lactée *cikal bakal Cerelac, yakni bubur bayi dari kombinasi tepung gandum dan susu sapi yang diproses secara khusus untuk membantu anak tetangganya yang lahir prematur dan tidak dapat meminum air susu ibu.  Selain bubur bayi Farine Lactée, pada tahun 1905 juga diproduksi susu kental manis dengan Brand Tjap Nona.  Nah sejak ini lah Perusahaan dengan Motto “Good Food Good Life” ini berkembang pesat, menemukan dan memproduksi produk produk bernutrisi, sehat dan memiliki keafiatan bagi orang banyak, hampir 70.000 jenis makanan yang sudah diproduksi Pt. Nestle dan beredar di seluruh dunia.  Sedangkan di Indonesia Nestle beroperasi mulai tahun 1971. Dengan 3300 karyawan dan mengoperasikan 4 pabrik yaitu Pabrik Kejayan di Jawa Timur, pabrik Panjang di Lampung, pabrik Cikupa di Banten, serta pabrik Karawang di Jawa Barat.

wp-image-1744268654jpg

Pabrik Nestle Karawang dididirikan guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk produk susu bubuk, bubur bayi, minuman coklat malt yang bergizi dan lezat. Karena ingin menjangkau seluruh lapisan masyarakat, PT Nestle menciptakan beragam jenis produk, baik yang ekonomis maupun yang premium.  Berpegang pada prinsip Nutrisi, Kesehatan dan Keafiatan, PT. Nestle Indonesia ingin menciptakan kemanfaatan bersama melalui program CSV (Creating Share Value) yang berfokus pada Gizi dan Kesehatan, Air dan Lingkungan Hidup, Kemitraan Berkesinambungan.  

wp-image-108355722jpg

CERELAC

Babur bayi Cerelac yang sekarang telah berusia 150 tahun #150tahuncerelac merupakan salah satu produk yang dihasilkan di Pabrik Nestle Karawang. Bubur bayi Cerelac diproduksi untuk memenuhi kebutuhan akan makanan bergizi, penuh nutrisi, sehat, aman dan lezat untuk bayi.  Dengan standar pengolahan pangan yang tinggi didukung tim Research and Development Nestle.  Bubur bayi Cerelac dibuat dari bahan bahan alami bergizi dan diproses dengan teknologi tinggi tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi bayi walau memiliki masa simpan yang cukup lama.

wp-image-887699145jpg

Tidak semua makanan instant berpengaruh buruk terhadap tubuh, tidak selalu yang instant itu tidak baik. Prinsip pengolahan pangan di masa sekarang ini diantaranya untuk merubah penampilan bahan baku, pencampuran beberapa bahan, penggunaaan bahan tambahan makanan (diantaranya fortivikasi vitamin) dan melibatkan beberapa unit operasi untuk menghasilkan makanan yang berkualitas, bergizi, mudah diaplikasikan dan berdaya simpan cukup lama. Cerelac juga melalui proses pengolahan pangan dengan teknologi tinggi. Beragam bahan baku alami pilihan diolah untuk dijadikan bubur Cerelac.  Melalui proses uji kualitas yang ketat, terpilihlah bahan bahan terbaik, yang diolah menjadi tepung dengan cara digiling, selanjutnya tepung diberikan gula untuk menghasilkan energi dan memberi rasa pada Nestle Cerelac. Dari proses pencampuran dan pengolahan ini tepung berubah konsistensinya dari tepung menjadi tepung bubur, langsung dipasteurisasi dan dikeringkan hingga berubah menjadi tepung bubur dasar. Cerelac belum siap dikonsumsi di tahap ini, dan harus diperkaya dengan segala kandungan gizi yang bermanfaat namun lezat seperti buah, sayuran, daging bubuk dan serpihan serealia dicampur menjadi satu. Selain itu vitamin dan mineral juga ditambahkan dalam proses pencampuran ke dalam tepung bubur dasar.  Setelah langkah langkah tadilah bubur cerelac siap dikemas dalam packaging yang aman dan menarik.  Saat ini Cerelac tersedia dalam dua jenis varian, yaitu varian CERELAC EKONOMIS dengan 4 rasa pilihan yakni beras merah, apel, pisang, jeruk, kacang hijau dan ayam bawang, sedangkan CERELAC dengan SUSU, iron dan probiotic, memiliki pilihan rasa yang lebih banyak yakni wortel bayam labu, serealia oat prunes, serealia sayuran, tim ayam dan sayur, beras merah, pisang, beras putih dan khusus di Indonesia, diproduksi Cerelac KURMA DAN MADU. Keduanya sudah dilengkapi vitamin dan mineral sesuai AKG. 

wp-image-991938820jpg

Merujuk pada kode etik WHO th 1981 tentang pemberian asi ekslusif pada bayi. Pt. Nestle menjadi perusahaan pertama yang turut mendukung program tersebut. Dan untuk membantu tercapainya penyerapan  (baca ini juga ) nutrisi penting di  1000 hari awal kehidupan), Nestle menambahkan Cerelac dengan beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dalam masa pertumbuhan.  Cerelac dapat dikonsumsi oleh bayi usia 6 hingga 24 bulan.

Beberapa hal penting yang patut diketahui agar penyerapan nutrisi dari makanan pendamping asi seperti cerelac menjadi optimal adalah sebagai berikut.

1. Selalu check label di kemasan. Termasuk diantaranya komposisi bahan, kadaluarsa, takaran dan cara penyajian.

2. Cerelac dapat langsung dilarutkan dalam air hangat suam suam kuku (40 derajat) dan sebaiknya langsung dikonsumsi oleh bayi segera setelah dibuat. Agar rasa tetap lezat.

3. Sebaiknya segera setelah kemasan foil dibuka, bubur yang tersisa ditempatkan dalam toples kedap udara, tertutup rapat dan tempatkan diruang yang teduh dan terhindar dari panas matahari.

4.Cerelac selain dapat dimakan langsung, juga bisa dicampur dengan bahan bahan alami lainnya. Seperti jus buah, scramble egg, potongan buah dan sayur, daging ayam dan lain lain.

5. Cerelac dikemas dalam kemasan siap saji sekali makan, seberat 20g dan kemasan 120g.  Tidak dikemas dalam kemasan yang terlalu besar agar selalu terjaga nutrisi dan kualitasnya.

Nah teman teman, informasi yang saya ingat dan penuh kesan sudah saya sampaikan diatas, bila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai CERELAC bisa berkunjung kesini.  Harapan saya semoga Cerelac dan produk produk Nestle lainnya makin bergizi, menyehatkan, dan memberi keafiatan pada siapapun yang mengkonsumsinya. Senang sekali sudah diajak berkunjung ke Pabrik Nestle di Karawang, dan berkesempatan melihat langsung sedikit produksi beberapa produk keluaran Nestle, bahkan mendapat oleh oleh hampers ulang tahun yang isinya sangat bermanfaat untuk Malika.  Terima kasih CERELAC, terima kasih Nestle, Terima kasih Kumpulan Emak Blogger. #150tahuncerelac

wp-image-488609005jpg

8 Comments

  1. bagus reviewnya mak fika… jaman ade bayi juga dikasih cerelac sama ibu ku, kalo aku enggak doyan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *