9 Kunci Semangat Pagi

Ketika saya berkerja di sebuah Lembaga Philantrophy, saya seringkali mendapat inspirasi menulis. Salah satunya mengenai tips 9 kunci semangat pagi milik Manager di kantor.  Saking menyentuhnya tulisan tersebut saya tulis di blog saya.  Dahulu menggunakan multiply.  Iseng iseng hari ini saya googling.  MasyaAllah, rupanya tulisan saya sudah di copy oleh banyak orang.  Ada yang posting di blognya, ada yang posting di fanpage facebook, semacam viral tanpa sedikit pun menuliskan sumber penulisnya. Ya nama saya sama sekali tidak tertulis disitu.  Sebel juga ya, walaupun  sempat bahagia karena tulisan saya diminati, disukai sampai dibajak begitu.  Salah saya sendiri sih tidak tahu bagaimana caranya, walau dicopas/ dibajak tapi identitas penulis masih tercantum.  Ya sudah nasi sudah menjadi bubur ayam, mungkin kedepannya saya harus belajar lagi supaya bisa menghasilkan tulisan yang ringan dibaca, berisi dan bermanfaat bagi orang banyak.  Memang dulunya menulis “9 kunci semangat pagi” sekedar untuk mencatat tips tips agar selalu semangat dalam bekerja.  Sudah sewajarnya bila tulisan menyebar tanpa identitas si penulis.

Sekalian saja ya saya tuliskan disini, mungkin teman teman readers dapat mengambil manfaatnya

SEMANGAT!!!!!!

Subhanallah, ini merupakan tips buat selalu semangat sebagai seorang muslim apapun pekerjaan kita.  Sebenernya 9 tips ini merupakan hal biasa dalam lingkup kehidupan seorang muslim seperti kita, hal ini hanya dikemas menjadi lebih sederhana agar mudah diaplikasikan dan dijalankan oleh kita semua.

Tips Kunci Semangat pagi ada 9 hal penting, afwan kalo ada yg kebalik.. Aku lupa mencatat soalnya.  Aku hanya mengandalkan ingatanku ketika beliau sharing tentang 9 KSP waktu itu.

1.  Tahajud/QL –> insyaAllah kita tahu ya, apa manfaatnya sholat QL bagi diri kita pribadi, kesuksesan dalam tanda kutip.  Orang2 yg Sholat malamnya dinikmati (berkualitas) biasanya terlihat dari kepribadiannya.. Biasanya orangnya sabar, tidak mudah marah. Pemaaf, tawadhu dll. Yang pasti Allah sudah berjanji untuk menaikan derajat orang2 yang menghidupkan waktu malamnya dengan Sholat Tahajud

2. Istigfhar dan berdoa di waktu fajar —> waktu antara sholat tahajud dan menjelang subuh merupakan salah satu saat yang tepat untuk pengabulan doa.  Dan waktu ini juga bagus untuk melatih konsentrasi.  daripada kita tidur lagi seusai sholat Lail, memang ada baiknya kita pergunakan untuk itikaf atau muhasabah diri.

3.  Sholat shubuh berjamaah —> Mengukur kekuatan muslim dari banyaknya jumlah jamaah sholat shubuh disuatu masjid.  Apabila jumlah jamaah sholat shubuhnya sama dengan jumlah jamaah sholat jum’atnya, bisa dipastikan bahwa orang2 di lingkungan masjid tsb merupakan muslim muslim berkualitas.  Hendaknya memang seorang laki laki muslim, berusaha selalu sholat berjamaah di masjid. Sedangkan Akhwat/Perempuan tentu saja dapat keringanan dari Allah, untuk boleh sholat di rumah.

4.  Membaca Al quran —> Ketika kita setiap hari berkomitmen untuk meluangkan waktu (8jam bahkan lebih untuk kerja) kenapa kita tidak usaha untuk berkomitmen meluangkan 20 -30 menit waktu kita untuk membaca Al Quran.  Dan  bisa dipastikan seorang muslim tidak akan bisa berdakwah dengan baik bila itensitasnya membaca Al Quran itu tidak ada atau sedikit.. hayu semangat…

5. Berzikir, Zikir juga bisa kita lakukan setelah membaca Al quran usai sholat shubuh, ada baiknya bila kita kerjakan pagi dan petang. Dengan mengingat Allah, hati akan menjadi tenang.. dan segala permasalahan yang selama ini membuat kita gelisah, sedikit demi sedikit pasti akan mendapatkan pencerahan dan solusi pemecahan masalah tsbt.

6. Infak Pagi, harta yang kita infakkan di jalan Allah, akan diganti 700 kali lipat.. Asalkan anda  yakin.  Biasakan menyisihkan sedikit rezeki yang kita punya setiap harinya.. InsyaAllah akan banyak sekali manfaatnya.“Tiada matahari masih menyinari bumi melainkan ada dua malaikat. Masing-masing menyeru manusia dan berdoa, ‘ Wahai manusia, bergegaslah menuju Tuhanmu sedikitnya harta tapi mencukupi lebih baik daripada banyak tapi kau lupa. Sedangkan satunya berkata, ‘ Wahai Allah, berikan ganti harta kepada mereka yang bederma dan bagi si kikir segera binasakan saja hartanya.” ( HR.Abu Darda ).

7.Berwudhu dan niat jihad, apapun pekerjaan kita asalkan itu halal. Allah memberi jaminan bahwa setiap dari kita yang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya merupakan sebuah Jihad Fi Sabilillah.  So.. bila selama ini kita bekerja berniat sekedar memenuhi kebutuhan hidup, mencari pengakuan, pengembangan potensi. Yukk sama sama dibenahi niatnya… Karena insyaAllah hal  hal tersebut juga akan mengikut secara otomatis.

8. Menyusun Rencana Pagi, apa yang kau rencanakan akan sukses atau tidak tergantung bagaimana engkau menyusun rancangan kerjaanmu itu.  Daily activity report ternyata cukup mempan membuat saya bisa memanfaatkan waktu saya sebaik mungkin.. (Buktinya? saya jadi jarang iseng skrg ini, kerjaan saya pun lebih banyak yang bisa saya bereskan.. walaupun beban kerjanya bertambah banyak)

9. Sholat Dhuha, tentu saja… sholat dhuha merupakan sholat sunah yang selalu Rasulullah kerjakan, dan sebagai seorang Umat Rasul, hendaknya kita mengerjakan apa apa yang beliau contohkan.. selain itu tentu saja.. Keutamaan Sholat dhuha sangat banyak sekali.  Tidak rugi bila kita mengerjakan Dhuha setiap hari

itulah rangkaian KSP yang dapat kita lakukan.. InsyaAllah tidak terlalu sulit… saya juga sedang berusaha melakukannya dalam satu paket..

So… Tetap Semangat… Semangat.. Semangat.. Pagi

 

 

6 Comments

  1. Tipss tipss oke oke mbaa, kebetulan aku kadang malas malasan eh kalau pagi, pingin meluk guling aja terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *