Tutorial Post a Blog for beginners

Aku punya group latbar, isinya IBU IBU muda dengan beragam profesi. Membernya tidak banyak hanya 10 orang, namun kami aktif berbagi ilmu. Yang pintar masak rajin berbagi resep. Yang jago bikin kue suka ngadain latbar tidak berbayar. Sayangnya tidak seorangpun yang pintar ngeblog. Termasuklah aku yang juga kategori pemula. Beberapa diantara anggota bahkan ada yang belum memiliki laptop. Untunglah sekarang ada aplikasi WordPress. Jadi kita bisa post blog dimanapun, kapanpun. Selama HP menyala dan internet ada (internet tidak ada pun bisa, nanti postnya nunggu WiFi gratis saja).

Supaya teman temanku juga bisa post blog.. ini aku bikinkan tutorial sederhananya…Baiklah, berikut tutorial membuat blog post di aplikasi wordpress.

Download aplikasi wordpress di play store

image

Selanjutnya daftar di wordpress, buat nama blognya, dan pilih thema (khusus ini nanti aku bikinkan tutorial lainnya)

Nah proses selanjutnya adalah sebagai berikut

image

Untuk membuat sebuah post, bisa klik blog post atau gambar pena didalam lingkaran kuning. Kalau aku pilih yang lingkaran kuning.

image

Nanti akan keluar seperti itu, teman teman tinggal Tulis judulnya diatas. Dan menulis isinya dibawah, lalu tulislah apa saja yang kamu ingin Tulis.  Don’t worry sudah ada save draft otomatisnya loh. Alias disimpan secara otomatis setiap tulisan yang kita tambahkan, sebelum benar benar di publish.

Icon icon berikut, fungsinya bermacam macam, sebagian pasti mudah dimengerti ya, B itu untuk menebalkan, I miring untuk memiringkan tulisan, U garis bawah untuk mengaris bawahi tulisanmu. dan ABC Coret untuk memberi kesan tulisan yang dicoret

 

image

Untuk menambahkan gambar/picture, tinggal menekan tanda gambar di ujung kanan bawah.

image

kemudian pilih galerry, maka nanti akan muncul seperti ini
image

Nah pilihlah foto yang kamu kehendaki. Nanti foto tersebut akan muncul di halaman blog mu.

Setelah memposting semuanya, yang tinggal kamu lakukan adalah menyimpan isi post blogmu. Caranya demikian
image

tekan post setting di ujung kiri bawah, nanti akan keluar seperti ini
image

Ganti draft di status menjadi Publish, kamu juga bisa mengatur jadwal publish blogmu sendiri di tanggal pengaturan (nanti akan saya jelaskan di tutorial selanjutnya).

setelah itu klik update
image

Nah mudah sekali bukan, ayo dicoba dulu ya.

Baik, untuk tahap awal tutorial blognya sampai di sini dulu ya. Nanti akan aku tambahkan beberapa tutorial lainnya.

Mohon maaf bila kurang jelas, bila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Nanti akan aku jawab

4 Comments

  1. Kereeennn jadii tambahh ilmu ,jd semangaatt lagii ngeBlog nyaaa … makasihh mba fikaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *